Tips: Inilah 4 Cara Menjaga Agar Otak Tak Cepat Rusak, Salah Satunya…

Tips: Inilah 4 Cara Menjaga Agar Otak Tak Cepat Rusak, Salah Satunya...

Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350 cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Bagaimana cara menjaga agar otak tak cepat rusak?

Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Otak adalah salah satu organ paling vital manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya. Tapi ternyata, ada juga kebiasaan yang sering kita lakukan dan bisa membuat kondisi otak menjadi lebih buruk.

Jika kondisi otak memburuk, maka tentu saja akibatnya adalah sejumlah penyakit berbahaya. Jadi, mumpung masih muda, jagalah selalu kesehatan otak. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk merawat otak agar selalu sehat adalah dengan menghindari empat kebiasaan yang terbukti bisa membuat kondisi otak menjadi lebih buruk.

1. Terlalu lama menggunakan ponsel

Salah satu cara untuk menjaga agar otak tak cepat rusak adalah jangan terlalu lama menggunakan ponsel. Setiap ponsel memang diketahui memiliki medan elektromagnetik dengan radiasi yang bisa membahayakan manusia. Dikutip dari Boldsky, dalam sebuah penelitian dari The Potential Impact of Mobile Phone Use On Tren In Brain and CNS Tumor, radiasi elektromagnetik itu bisa memicu terjadinya tumor otak.

2. Melewatkan sarapan

Buat yang masih sering bandel dan melewatkan sarapan, cobalah untuk segera menghilangkan kebiasaan ini. Pasalnya, terlalu sering melewatkan sarapan bisa meningkatkan risiko pendarahan di otak. Jadi, sebisa mungkin selalu sempatkan diri untuk sarapan setiap hari.

Cara Dapat Tips Internet Gratis Dan Daftar Free Member SB1M
3. Sering mengalami kebosanan

Saat kita merasa bosan dan tak memiliki teman untuk diajak berkomunikasi, maka hal itu juga bisa membuat otak menjadi tak sehat. Jadi, saat kita merasa bosan, segeralah mencari teman untuk diajak mengobrol atau paling tidak cobalah membaca sebab membaca bisa membuat otak bekerja dan menjadikannya lebih sehat. Jika terlalu sering mengalami kebosanan, maka kita bisa juga terserang kepikunan di masa tua nanti.

4. Terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji dan gula

Cara menjaga agar otak tak cepat rusak lainnya adalah hindari konsumsi makanan cepat saji dan gula. Makanan cepat saji atau instan serta gula memang tak baik jika dikonsumsi berlebihan. Selain bisa membuat tubuh obesitas, kedua jenis makanan itu juga memiliki dampak buruk bagi otak. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji dan gula bisa membuat otak kesulitan membuat memori jangka pendek dan jangka panjang.

BACA JUGA:




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort