Superfood Masa Depan Ini Sumbernya Dari Susu Kecoa, Terbukti Bernutrisi Tinggi

Superfood Masa Depan Ini Sumbernya Dari Susu Kecoa, Terbukti Bernutrisi Tinggi

Hampir semua orang mengetahui dan mengenal sumber susu biasanya adalah dari sapi atau kambing.  Tapi kini beberapa peneliti telah menemukan kalau kecoa juga menghasilkan susu kecoa yang bergizi tinggi.

Di beberapa negara Asia, khususnya China, diketahui telah lama memanfaatkan kecoa sebagai bahan untuk pengobatan. Dan beberapa dekade belakangan ini kecoa banyak diternakkan yang diperuntukan untuk dijadikan camilan dan obat.

Sejak sekitar 10 tahun yang lalu, para peneliti telah menemuka bahwa di bagan tengah saluran pencernaan kecoa ada mengandung kristal protein susu. Tapi bukan sembarang kecoa, hanya kecoa jenis Diploptera punctata. Kecoa jenis ini adalah satu-satunya kecoa vivipar dimana cara berkembang biaknya selain bertelur juga dengan cara melahirkan.

Sama seperti mamalia, maka kecoa Diploptera punctata harus ‘meyusui’ anaknya. Dan diketahui bahwa susu dari kecoa ini banyak mengandung kristal protein yang bergizi tinggi. Dan dari penelitian ditemukan kalau setiap kristal protein mengandung lebih dari tiga kali jumlah energi yang ditemukan dalam rata-rata produk susu pada umumnya.

Diploptera is a genus of cockroach, used particularly in molecular research into allatostatins. The species Diploptera punctata, the Pacific beetle cockroach, is the only known viviparous cockroach (bears live young) – Wikipedia

Namun ada kendala yang harus dihadapi, yakni kesulitan untuk memerah susu dari kecoa.

Oleh karena itu sebuah tim peneliti internasioal berusaha mencari jalan untuk mendapatkan manfaat dari susu kecoa ini dengan menggunakan pilihan yang paling memungkinkan. Hasil dari studi yang kemudian dipublikasikan di dalam jurnal International Union of Crystallography pada bulan Juli. disebutkan keberhasilan dari peneliti di dalam mengurutkan gen yang bertanggung jawab memproduksi kristal protein susu dalam usus kecoa.

BACA JUGA: Hati-Hati – Protein Penting Untuk Kesehatan Tapi Kelebihan Protein Dapat Memicu Kegemukan

Dengan keberhasilan ini maka kristal protein dari kecoa dapat diproduksi secara in-vitro atau dihasilkan di dalam laboratorium. Serta ini berarti susu kecoa dapat diproduksi secara massal.

Menurut Sanchari Banerjee, salah satu peneliti kepada Times of India (25/7) mengatakan kalau kristal dari susu kecoa ini bisa disebut ‘superfood’ karena mengandung protein, lemak dan gula. Jika dilihat dari rantai proteinnya, maka kristal ini memiliki semua asam amino esensial.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort