Stop Merokok Sebab Merokok Meningkatkan Risiko Kanker Laring Hingga 40 Kali Lipat

Stop Merokok Sebab Merokok Meningkatkan Risiko Kanker Laring Hingga 40 Kali Lipat

Sudah dapat dipastikan kalau merokok dapat mendatangkan berbagai macam jenis penyakit. Zat yang terdapat dalam rokok merupakan zat kersinogen yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Salah satu kanker yang dapat terjadi akibat merokok adalah kanker laring atau kanker pita suara. Bahkan merokok meningkatkan risiko kanker laring hingga 40 kali lipat.

Indah Saraswati, dokter spesialis THT Siloam Hospitals Lippo Karawaci, mengungkapkan bahwa banyak penelitian yang membuktikan bahwa 80 hingga 90 persen penderita kanker laring adalah perokok aktif.

“Merokok memang bukan satu-satunya penyebab, tapi rokok dapat menjadi penyebab terbesar selain faktor risiko lain seperti genetik dan konsumsi makanan berpengawet serta alkohol,” ucap Indah.

Indah menambahkan bahwa Anda harus mewaspadai setiap gejala yang dicurigai sebagai gejala awal kanker laring. Gejala awalnya adalah suara serak selama lebih dari tiga bulan, mengalami gangguan menelan, hingga sesak napas. Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri saat mengalami gejala-gejala tersebut. “Saat ditemukan pada stadium awal, kanker laring dapat ditangani hanya dengan melakukan radioterapi,” kata Indah.

Cara Mendapatkan Uang Dari Bisnis Online Dengan Belajar Di Kursus Internet Marketing Terbaik Di Indonesia
Pada stadium awal, radioterapi dilakukan sebanyak 35 kali setiap hari tanpa putus. Setelah itu kanker akan dievaluasi kembali apakah sudah benar-benar hilang atau belum. Ketika sudah berada pada stadium selanjutnya, harus dilakukan pembedahan untuk mengangkat bagian laring yang terkena kanker. Sementara pada stadium yang lebih parah, harus dilakukan tindakan berupa pengangkatan laring secara menyeluruh dengan cara membuat lubang di bagian leher. Tindakan tersebut dapat menyebabkan seseorang menjadi bisu.

Selain merokok meningkatkan risiko kanker, maka mengonsumsi alkohol juga dapat menjadi penyebab terjadinya kanker laring karena dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Indah, asam lambung yang naik ke atas juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker laring. “Untuk itulah banyak sekali penderita kanker laring yang berasal dari daerah dengan tradisi minum alkohol yang sangat kuat,” ucap Indah.

Jadi untuk menghindari kanker laring, Anda sebaiknya menjauhi rokok dan alkohol. Selain itu gaya hidup yang sehat juga dapat menurunkan faktor risiko terjadinya kanker yang banyak menyerang para pria ini. Di Indonesia, angka penderita penyakit ini terus bertambah bahkan banyak yang baru ditemukan pada stadium lanjut.

BACA JUGA:




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *