Simak Tips Berikut Ini Jika Ingin Sukses Saat Wawancara Kerja

Tips Berikut Ini Jika Ingin Sukses Saat Wawancara Kerja

Baca Blog – Tips Sukses Saat Wawancara Kerja – Salah satu karakteristik Indonesia adalah bahwa angka pengangguran cukup tinggi yang dihadapi oleh tenaga kerja muda usia 15 sampai 24 tahun, jauh lebih tinggi dari angka rata-rata pengangguran secara nasional. Mahasiswa yang baru lulus dari universitas dan siswa sekolah kejuruan dan menengah mengalami kesulitan menemukan pekerjaan di pasar kerja nasional.

Hampir setengah dari jumlah total tenaga kerja di Indonesia hanya memiliki ijazah sekolah dasar saja. Semakin tinggi pendidikannya semakin rendah partisipasinya dalam kekuatan tenaga kerja Indonesia. Meskipun demikian dalam beberapa tahun terakhir terlihat adanya perubahan tren: pangsa pemegang ijazah pendidikan tinggi semakin besar, dan pangsa pemegang ijazah pendidikan dasar semakin berkurang.

Karena jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia hanya sedikit, maka menimbulkan persaingan diantara para pemburu kerja untuk mendapatkan pekerjaan.

Kalau saat ini Anda sedang mencari pekerjaan, maka salah satu tahap yang akan Anda hadapi adalah tahap wawancara. 

Banyak orang yang gagal saat ada di tahap wawancara. Untuk itu, cobalah simak beberapa tips di bawah ini kalau Anda inigin berhasil saat wawancara kerja

1. Ceritakan ketertarikan Anda terhadap perusahaan

Jika Anda ingin bekerja di suatu perusahaan, Anda harus mengenali perusahaan tersebut dengan jelas. Lakukan sedikit penelitian tentang profil perusahaan tersebut, meliputi visi-misi, penghargaan perusahaan, hingga segmentasi perusahaan tersebut. Jangan lupa juga menceritakan seberapa besar rasa ketertarikan Anda terhadap perusahaan tersebut.

2. Beritahukan pengalaman kerja Anda

Pada saat wawancara kerja, penting bagi Anda untuk menjelaskan pengalaman kerja Anda dan keterkaitan pengalaman tersebut dengan lowongan pekerjaan yang sedang Anda incar. Yakinkan pewawancara Anda adalah orang yang berpengalaman, dan orang terbaik untuk posisi tersebut.

Anda Sering Bekerja Di Depan Komputer? Baca Artikel Ini: 5 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Jika Anda Sering Bekerja di Depan Komputer atau Laptop

3. Perlihatkan portfolio Anda

Portfolio adalah hal terpenting yang harus Anda bawa pada saat wawancara kerja. Anda harus meyakinkan pewawancara dengan memperlihatkan hasil pekerjaan Anda dalam portofolio tersebut. Pewawancara biasanya akan mempercayai kemampuan Anda, setelah melihat portfolio Anda.

4. Tunjukkan sikap yang santun

Bukan hanya jawaban Anda, sikap Anda saat menjawab juga akan dinilai oleh pewawancara. Usahakan untuk tidak bertingkah laku aneh-aneh, dan tetap fokus pada pertanyaan pewawancara. Selain itu, usahakan melakukan perkenalan diri dengan sopan dan santun.

5. Jelaskan rencana karier Anda

Anda harus menjelaskan alasan mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut. Ceritakan tentang bagaimana perusahaan tersebut akan membantu perkembangan karir Anda.

Jelaskan juga bahwa Anda adalah orang yang berkomitmen, terutama dalam hal karier. Selain itu, katakan jika perusahaan membantu Anda untuk berkembang, Anda akan berkontribusi secara penuh untuk membuat perusahaan berkembang.

Semoga tips di atas, sukses saat wawancara kerja dapat membantu. Semoga berhasil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort