Sebisa Mungkin Hindarilah 6 Jenis Makanan Yang Memicu Penuaan Dini Berikut Ini

Sebisa Mungkin Hindarilah 6 Jenis Makanan Yang Memicu Penuaan Dini Berikut Ini

Anda tentu mengetahui bahwa disamping rokok, maka ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu penuaan dini dan membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda sebenarnya.

Walaupun demikian, tidak ada makanan yang dapat membuat Anda langsung terlihat tua. Namun jika Anda terus-menerus mengonsumsinya dan dalam jumlah yang berlebihan maka hal itu dapat membuat Anda tampak lebih tua. Apakah Anda ingin hal ini terjadi pada diri Anda?

Berikut beberapa makanan yang bisa memicu penuaan dini yang patut Anda hindari:

1. Gula

Kelebihan gula dalam tubuh bisa mendorong proses yang disebut glikasi. Bila Anda mengonsumsi gula lebih banyak dari yang bisa diproses oleh sel tubuh, molekul gula yang tersisa akan bergabung dengan protein dan membentuk produk glikasi.

Proses glikasi ini juga menghasilkan berbagai jenis protein radang di dalam tubuh yang dapat mempercepat proses penuaan kulit.

2. Alkohol

Alkohol ternyata bisa memengaruhi kerja hati. Padahal, hati yang sehat juga dapat membuat kulit terlihat sehat. Ketika hati Anda bekerja optimal, bisa menyingkirkan racun yang bisa memengaruhi kulit.

Sementara itu, menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, alkohol merupakan diuretik alami yang bisa menyebabkan Anda sering kencing. Jadi, semakin banyak Anda mengonsumsi alkohol, risiko terjadinya dehidrasi semakin besar.

Faktanya, dehidrasi menyebabkan terjadinya kulit kering, mudah timbul kerutan dan keriput. Maka tak heran jika Anda akan tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya.

3. Daging hangus

Di dalam daging hangus terdapat kandungan hidrokarbon pro-inflamasi yang bisa menimbulkan masalah peradangan dan pada akhirnya dapat memecah kolagen di kulit. Pastikan bahwa Anda mengikis bagian hitam yang terdapat pada daging yang dimasak sebelum memakannya.

Jangan lupa juga membersihkan panggangan agar hidrokarbon pro-inflamasi tidak mencemari makanan Anda yang selanjutnya. Selain itu, daging olahan juga mengandung silfit dan bahan pengawet lainnya, yang dapat memicu peradangan pada kulit dan mempercepat penuaan.

Daftar Free Member Video Tutorial Internet Marketing Dan Bisnis Online SB1M

4. Lemak trans

Menurut dr. Dewi Ema Anindia, lemak trans (trans fat / lemak tak jenuh) bisa membuat kulit menjadi kaku dan tidak lentur. Lemak trans membuat kaku dan dapat menyumbat pembuluh darah yang membuat kulit semakin terlihat tua.

Dengan menjauhi lemak trans, Anda juga bisa mengurangi risiko serangan jantung, diabetes, hingga obesitas. Lemak trans biasanya mudah didapatkan dari mentega dan minyak goreng.

5. Minuman berenergi

Selain makanan yang dapat memicu penuaan dini maka minuman yang tinggi akan gula, seperti soda dapat membuat tubuh dehidrasi.

Menurut sebuah studi di Denmark, meminum satu liter soda cola teratur setiap hari dapat meningkatkan jumlah lemak di hati, otot dan sekitar organ dalam perut. Penumpukan lemak ini dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes dan penyakit jantung.

6. Makanan asin

Garam yang Anda gunakan hampir dalam setiap masakan ternyata dapat membuat tubuh dehidrasi, sehingga akan membuat Anda lelah dan membuat kulit pucat. Di samping itu, garam juga cenderung berakibat buruk untuk tubuh karena dapat memicu penyakit hipertensi.

Menurut Ranella Hirsch, MD, dari American Society of Cosmetic Dermatology & Aesthetic Surgery, banyak makanan kaleng yang diawetkan dengan sodium yang bisa membuat Anda tampak gemuk. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung sodium antara lain; soda kue, bubuk soda sebagai pengawet, obat pencahar, makanan yang dipanggang, keju dan sereal.

Itulah daftar beberapa jenis makanan yang memicu penuaan dini dan dapat membuat Anda tampak lebih tua. Oleh sebab itu mari kurangi konsumsi keenam jenis makanan di atas supaya Anda tetap awet muda.

BACA JUGA:




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort