Saat Diet Menurunkan Berat Badan Mana Lebih Bagus Mengurangi Asupan Lemak Atau Gula?

Saat Diet Menurunkan Berat Badan Mana Lebih Bagus Mengurangi Asupan Lemak Atau Gula?

Saat melakukan diet menurunkan berat badan, banyak orang yang memilih mengurangi asupan gula atau karbohidrat. Sayangnya, berfokus pada mengurangi gula saja ternyata bukan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian telah dilakukan di Inggris dimana tim peneliti melibatkan lebih dari 130 ribu orang di seluruh Inggris untuk mengisi kuesioner yang berhubungan dengan masalah diet. Di penelitian ini, ukuran tubuh para pengisi kuesioner juga diukur.

Baca Juga: Makan Biasa Saja Olahraga Cukup Tapi Badan Tetap Gemuk Dan Berat Badan Naik. Kenapa?

Setelah mendapatkan data dari hasil penelitian tersebut maka dilakukan analisa dan ditemukan bahwa 66 persen pria dan 52 persen wanita memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Faktor dugaan terkuat dari penyebab tingginya masa indeks tubuh orang-orang yang ikut dalam penelitian tersebut adalah total kalori.

Dari penelitian ini juga ditemukan bahwa keseluruhan kalori yang dikonsumsi para peserta penelitian adalah sebagian besar berasal dari lemak, bukan gula atau karbohidrat. Di samping itu, tim peneliti juga menemukan bahwa terlalu banyak memangkas asupan gula hanya akan mendorong seseorang untuk memakan lebih banyak kalori dari sumber makanan lain yang tinggi kalori.

Para peneliti juga menemukan bahwa jika hanya fokus pada mengurangi kalori dari gula akan membuat orang lupa bahwa mereka juga perlu mengurangi kalori dari  jenis makanan lain. Salah satunya lemak yang menjadi penyumbang kalori terbanyak.

Terlalu fokus pada pemangkasan asupan gula juga dapat membuat orang yang bersangkutan kekurangan salah satu sumber energi.

Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar orang yang melakukan diet menurunkan berat badan mulai juga membatasi asupan kalori secara keseluruhan dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Hati-Hati – Protein Penting Untuk Kesehatan Tapi Kelebihan Protein Dapat Memicu Kegemukan

Sehingga dengan adanya keseimbangan kalori dari jenis makanan yang bervariasi mengakibatkan tubuh akan mendapatkan asupan gizi yang cukup dan lebih seimbang.

Catatang penting yang ingin disampaikan dari penelitian ini adalah saat Anda mengikuti program mengurangi berat badan maka perlu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Jika Anda hanya fokus pada mengurangi asupan gula maka Anda akan lebih banyak memakan kripik kentang (kalori) dan diet Anda gagal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort