Perhatikan 5 Faktor Penyebab Gangguan Kesuburan Ini

Perhatikan 5 Faktor Penyebab Gangguan Kesuburan Ini

Setiap pasangan yang telah menikah pasti mendambakan untuk memiki keturunan. Banyak cara yang dilakukan. Selain dengan berhubungan intin secara teratur, maka sebaiknya Anda dan pasangan Anda harus juga menjaga gaya hidup supaya kesuburan Anda berdua tetap terjaga. Apa saja yang menjadi faktor penyebab gangguan kesuburan?

Masih banyak pasangan yang tidak mengetahui bahwa ada beberapa hal yang dapat mengganggu kesuburan mereka dan membuat mereka sulit memiliki anak.

Berikut ini lima faktor penyebab gangguan kesuburan yang patut Anda simak, diantaranya:

1. Merokok

Salah satu hal yang menjadi penyebab gangguan kesuburan adalah merokok. Merokok dapat mengurangi tingkat kesuburan, baik pada pria maupun wanita. Rokok mengandung banyak toksin, yang dapat membuat kesuburan Anda menurun. Merokok diketahui dapat memperpendek usia subur dan mempercepat datangnya menopause hingga lima tahun.

2. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan bukan hanya dapat meningkatkan risiko diabetes. Kelebihan berat badan juga dapat memengaruhi kesuburan. Berat badan yang berlebih pada wanita dapat mengurangi kualitas sel telur dan frekuensi ovulasi. Sementara kelebihan berat badan pada pria dapat menurunkan kualitas sperma.

Daftar Free Member Video Tutorial Internet Marketing Dan Bisnis Online SB1M
3. Obat antidepresi

Konsumsi obat antidepresi dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sperma, yang dapat memengaruhi kemampuan seksual. Seorang pria yang mengonsumsi obat antidepresi akan sulit untuk membantu pasangannya dalam mendapatkan kehamilan. Sementara itu, konsumsi obat antidepresi pada wanita dapat membahayakan pertumbuhan janin.

4. Kopi

Kopi memiliki manfaat yang baik, namun minumkopi lebih dari dua cangkir per hari, dapat mengganggu produksi sperma. Wanita yang mengonsumsi kopi lebih dari dua cangkir per hari, juga memiliki risiko keguguran dua kali lebih besar. Maka bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, berhenti minum kopi merupakan satu langkah yang sangat disarankan.

5. Stres

Faktor berikutnya yang menjadi penyebab gangguan kesuburan adalah stres. Stres merupakan salah satu faktor yang menurunkan tingkat kesuburan. Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, yang justru dapat menekan kemampuan sistem reproduksi. Stres juga dapat membuat seseorang malas berolahraga, makan sembarangan, dan kurang tidur, yang membuat kesehatan tidak terjaga.

BACA JUGA:




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *