Malware Godless: Pengguna Android Harus Berhati-hati Saat Mengunduh Aplikasi

Malware Godless: Pengguna Android Harus Berhati-hati Saat Mengunduh Aplikasi

Malware Godless telah menyebar. Bagi para pengguna Android berhati-hati saat mengunduh aplikasi.

Informasi terbaru dari peneliti keamanan cyber, Trend Micro menyebutkan bahwa sebuah malware atau program jahat baru telah ditemukan.  Malware ini bernama Godless. Target dari malware ini adalah sistem operasai Android 5.1 ke atas dengan cara kerja mengeksploitasi perangkat yang dijangkitinya.

Saat ini hampir 90 persen gadget Android telah memakai sistem operasai versi 5.1 Lolipop atau lebih tinggi. Sehingga dapat dikatakan hampir semua perangkat Android terancam terkena serangan malware Godless.

Menurut Veo Zhang – Mobile Threat Analyst Trend Micro – di dalam laporan penelitiannya mengatakan malware yang terkait dengan ancaman ini dapat dijumpai di toko aplikasi terpercaya, misalnya Google Play. Sudah lebih dari 850 perangkat yang menggunakan Android telah diserang di seluruh dunia. Angka ini berdasarakan data dari Trend Micro Mobile App Reputation Service.

Malware Godless dibekali dengan bermacam alat  bermacam alat penjebol celah kemananan pada sistem operasi yang ditargetnya dan memiliki rooting framework yang disebut Android-rooting-tools.

Anda sedang mencari sekolah internet marketing terbaik? Ini salah satunya: Dimanakah Tempat Kursus Internet Marketing Terbaik Di Sidoarjo? Jangan Salah Pilih

Cara bekerja malware ini secara tersembunyi. Saat pengguna Android mengunduh aplikasi yang di dalamnya terdapat Godless, malware tersebut tidak langsung bekerja. Dia akan menunggu sampai layar ponsel padam dan kemudian melakukan proses rooting.

Setelah rooting itu selesai, maka Godless akan mengeluarkan sebuah sistem yang berwujud data terenkripsi dan diberi nama “_image”. File ini tidak bisa dihapus dengan mudah.

Apakah ancaman terbesar dari malware Godless?

Malware Godless memiliki kemampuan untuk mengendalikan perangkat secara remote.

Setelah sistem root operasi Android berhasil diakses maka penyerang yang mengendalikan program jahat ini dapat memasang berbagai macam aplikasi secara diam-diam dan dilakukan dari jarak jauh.

Kemungkinan terburuk lainnya adalah Godless dapat dipakai untuk memata-matai pengguna ponsel yang sudah dimasukinya.

Bagaimana mencegahnya?

Para pengguna Android harus lebih berhati-hati ketika akan mengunduh aplikasi. Walaupun Anda mengunduh aplikasi dari Google Play, harus dipastikan tidak ada hal yang mencurigakan. Malware Godless sering ditemukan di dalam aplikasi utilitas misalnya senter (ada kasus malware ini ditemukan di aplikasi Summer Flaslight),  WiFi, hingga salinan berbagai game populer.

————————————————————————————————————————

video tutoril bisnis online

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort