Ketahuilah Tanda-Tanda Sakit Ginjal Akut Dan Kronis Ini Sehingga Tidak Terlambat Dalam Pengobatannya

Ketahuilah Tanda-Tanda Sakit Ginjal Akut Dan Kronis Ini Sehingga Tidak Terlambat Dalam Pengobatannya

Jangan sepelekan! Sebaiknya Anda mengetahui tanda-tanda sakit ginjal akut dan kronis pada tubuh Anda sehingga membuat Anda atau orang sekitar Anda bisa secepatnya mendapatkan perawatan.

Penyakit ginjal adalah salah satu penyakit seirus dan harus segera mungkin ditangani, sebab semakin lama ditangani maka akan mempersulit proses penyembuhannya. Jika terlambat dalam pengobatan dan pencegahan makan akan mengakibatkan bertambah parahnya sakit ginjal.

Sudah diketahui secara umum kalau seseorang sudah menderita penyakit ginjal kronis maka harus secara rutin melakukan proses cuci darah. Dimana proses cuci darah ini membutuhkan waktu pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit jumlahnya. Dan kemungkinan untuk sembuh hanya sedikit.

Penyakit ginjal dapat dibedakan menjadi penyakit ginjal akut dan penyakit ginjal kronis.

Tanda-tanda sakit ginjal akut dan kronis masing-masing memiliki tanda yang berbeda. Biasanya penyakit ginjal akut mempunyai tanda lebih nyata daripada penyakit ginjal kronis. Dan cara penanganannya pun juga berbeda.

Memperbaki Ginjal Dengan Baking Soda: Inilah Cara Mengobati Dan Memperbaiki Ginjal Anda Secara Alami Dengan Menggunakan Baking Soda

Untuk mencegah agar tidak terlambat dalam proses pengobatannya berikut ini adalah tanda-tanda sakit ginjal akut dan kronis yang perlu Anda ketahui:

A. Tanda-tanda Sakit Ginjal Akut

1. Jumlah Urin Yang Keluar hanya Sedikit

Tanda utama dari penyakit ginjal akut adalah volume urin yang keluar sangat sedikit. Warna urin juga lebih gelap, keruh dan bahkan ada yang sampai kemerahan seperti darah. Jika Anda mengalami tanda-tanda seperti ini apalagi disertai dengan dehidrasi, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Jangan ditunda.

2. Mudah Mengantuk Dan Melamun

Bagi penderita sakit ginjal akut maka daya responsnya menjadi kurang saat dipanggil atau diajak ngobrol. Mereka juga sering melamun.  Hilangnya kesadaran ini dapat diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu penumpukan racun secara berlebihan dan tidak bisa dikeluarkan melalui urin. Penumpukan racun ini dapat menyebabkan penyakit ginjal.

3. Terjadi Pada Kaki Dan Tungkai

Akibat penumpukan cairan yang berlebihan di area sekitar kaki maka kaki serta tungkai pada penderita sakit ginjal akut biasanya akan membengkak. Kaki yang membengkak ini juga diakibatkan berkurangnya kadar protein dalam darah.

4. Merasakan Sesak Napas

Umumnya sesak nafas selalu dihubungkan dengan penyakit paru-paru atau sakit jantung. Namun sesak nafas juga dapat disebabkan oleh penyakit ginjal. Sesak nafas yang tiba-tiba dapat dialami oleh penderita sakit ginjal, terlebih-lebih bagi pasien yang sudah memiliki riwayat sesak nafas sebelumnya.

5. Mengalami Mual Dan Muntah

Diare, mual atau muntah sebenarnya bukan merupakan tanda utama penyakit ginjal akut. Namun karena sudah mengalami jumlah urin yang keluar sedikit sehingga apabila mengalami dehidrasi yang diikuti dengan diare serta muntah yang hebat, patut diwaspadai.

Karena diare dan muntah seringkali dihubungkan sebagai tanda-tanda sakit ginjal akut karena kondisi tersebut tubuh mengeluarkan banyak racun atau cairan tidak diperlukan saat BAB atau muntah.

B. Tanda-Tanda Penyakit Ginjal Kronis

1. Warna Kulit Menjadi Semakin Gelap

Jika kulit Anda terlihat lebih kusam, bertambah gelap dan tak bercahaya, Anda harus waspada. Karena bisa jadi ini adalah tanda utama dari penyakit ginjal kronis. Tanda ini disebabkan adanya penumpukan kotoran yang seharusnya dibuang akan tetapi tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal melalui urin.

Sedangkan, jika warna kulit memucat terjadi karena anemia yang identik dengan penyakit ginjal kronis. Kekurangan sel darah merah akan membuat warna kulit menjadi pucat.

Gunakan Kacang Kenari Untuk Menurunkan Berat Badan: Kacang Kenari Salah Satu Solusi Untuk Menurunkan Berat Badan

2. Susah Fokus Dan Sering Mengantuk

Akibat zat racun atau toksin yang tidak bisa dikeluarkan ginjal melalui urin maka akan beredar diperedaran darah lalu sampai ke otak. Akibatnya, zat racun ini akan membuat penderita sakit ginjal kronis sering mengantuk dan sangat susah untuk fokus atau berkonsentrasi.

3. Merasakan Nyeri

Penderita sakit ginjal kronis akan merasakan nyeri pada tulang. Dan tulang ini bersifat mudah patah atau rapuh, sehingga sedikit benturan saja dapat menyebabkan patah tulang. Kondisi ini sangat persis seperti osteoporosis.

4. Sesak Napas

Tanda-tanda sakit ginjal akut yaitu sesak napas juga bisa dirasakan oleh penyakit ginjal kronis. Itulah beberapa tanda-tanda sakit ginjal akut dan kronis yang patut Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort