Inilah 7 Cara Gampang Untuk Mendeteksi Gejala Kanker Kulit

Inilah 7 Cara Gampang Untuk Mendeteksi Gejala Kanker Kulit

Saat ini diduga lapisan ozon di langit sudah semakin menipis dan hal ini dapat mengakibatkan meningkatnya kasus kanker kulit akan terus meningkat setiap tahun. Tidak memandang jenis warna kulit, maka setiap orang mempunyai risiko mengidap penyakit ini. Untuk itu Anda perlu memahami tanda-tanda gejala kanker kulit.

Dengan mengetahui sejak awal cara mendiagnosa ciri-ciri dan penyebab dari gejala kanker kulit maka pengobatannya pun dapat cepat ditangani. Berikut ini adalah 7 tanda gejala kanker kulit yang patut Anda waspadai:

1. Benjolan di bawah kulit Anda

Anda tidak bisa melihatnya. Tetapi jika Anda merasakan benjolan di bawah kulit Anda, terutama di daerah seperti pangkal paha, ketiak atau leher, itu mungkin merupakan indikasi kanker kulit yang telah menyebar ke kelenjar getah bening Anda.

Aturan praktis yang bagus: Jika Anda menemukan benjolan di mana saja, temui dokter Anda.

2. Sakit perut

Seiring dengan kelenjar getah bening, melanoma bisa menyebar ke hati Anda. Jika itu terjadi, Anda mungkin mengalami rasa sakit di kuadran kanan atas perut Anda,

Rasa sakit semacam ini berhubungan dengan banyak kondisi kesehatan, beberapa di antaranya tidak terlalu menakutkan (seperti batu empedu). Jadi jangan panik tapi temui dokter Anda.

3. Masalah pernafasan

Setelah melanoma bermetastasis, mereka juga bisa menyebar ke paru-paru Anda. Jika masuk ke paru-paru, Anda bisa mengalami sesak napas atau batuk terus-menerus.

Cara Mendapatkan Uang Dari Bisnis Online Dengan Belajar Di Kursus Internet Marketing Terbaik Di Indonesia

4. Nyeri sendi

Seiring dengan kelenjar getah bening, paru-paru, hati dan tulang Anda merupakan tempat melanoma menyebar.

Jika begitu, Anda mungkin mengalami gejala mirip artritis seperti nyeri sendi. Jika Anda tidak tahu mengapa lutut atau pinggul Anda sakit, temui dokter Anda untuk mengetahui penyebabnya.

5. Penglihatan kabur

Kanker melanoma dimulai pada melanosit, sel penghasil pigmen yang banyak ditemukan di kulit Anda. Tapi melanosit juga ditemukan di mata dan bagian tubuh lainnya, jadi jarang terjadi kanker primer muncul di salah satu lokasi tersebut.

Jika Anda mengembangkan melanoma di dalam atau di sekitar sel-sel di mata Anda, penglihatan buram atau gangguan mata mungkin merupakan salah satu gejala pertama Anda

Anda mungkin juga melihat pigmen atau perubahan warna pada iris mata.

Saat melanoma menyerang mata Anda atau melanosit non kulit lainnya, ini tidak ada hubungannya dengan paparan sinar matahari.

Mungkin dalam beberapa kasus berhubungan dengan sindrom genetik, tapi biasanya secara sporadis.

6. Kram

Tambahkan melanoma ke daftar penyakit yang bisa menyebabkan gejala terkait usus. Usus Anda, seperti mata Anda mengandung melanosit dan juga bisa membuat melanoma tersembunyi.

Diare, konstipasi, kram atau nyeri mungkin terjadi. Anggap ini hanya satu alasan lagi mengapa Anda tidak boleh mengabaikan masalah perut Anda.

7. Sakit kepala

Seperti mata dan usus Anda, otak Anda mengandung melanosit dan karenanya bisa menyembunyikan melanoma.

Sakit kepala, kejang atau masalah kognitif adalah semua gejala yang mungkin terjadi.

Gejala kanker kulit yang sama bisa muncul jika Anda memiliki melanoma yang dimulai pada kulit Anda dan menyebar ke otak Anda

BACA JUGA:




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *