Baca Blog 5 Mitos Tentang Hiu Yang Dipercaya Mengerikan Ternyata Hoax

5 Mitos Tentang Hiu Yang Dipercaya Mengerikan Ternyata Hoax

Apa saja 5 mitos tentang hiu yang selama ini dipercaya mengerikan ternyata hoax?

Siapa yang tidak kenal dengan ikan hiu. Banyak orang yang menghindari makluk yang memiliki gigi tajam dan suka menyerang manusia ini. Kebanyakan orang mengenal ikan ini dikenal sebagai hewan yang mematikan.

Namun dari sekian banyak mitos tentang hiu yang mengerikan dan dipercaya, ternyata hiu memiliki peran penting dalam menjaga eksosistem laut.

Berikut ini adalah fakta  yang ada dibalik 5 mitos tentang hiu yang banyak dipercaya orang:

1. Mitos Semua Hiu Pasti Makan Manusia

Ini adalah mitos pertama yang paling umum dipercaya orang. Pasti  semua orang percaya kalau hiu adalah pemangsa manusia.

Padahal faktanya, mitos tersebut tidak benar. Kebanyakan hiu adalah pemakan ikan dan hewan bertulang belakang seperti cumi-cumi.

Lalu bagaimana dengan serangan hiu? Serangan hiu terjadi karena jarak penglihatan hewan ini tidak begitu baik. Itulah yang menjadi alasan kenapa dalam kebanyakan kasus serangan hiu, oranglah yang lebih sering digigit hiu daripada dibunuh predator air lainnya.

Dari 30 kasus serangan hiu yang dilaporkan setiap tahunnya, hanya 5 sampai 10 kasus yang benar-benar fatal.

Daniel Bucher – seorang ahli hiu di Southern Cross University – mengatakan bahwa daging manusia bukanlah makanan yang lezat bagi hiu.

2. Mitos Hiu Adalah Ikan Bodoh dan Memiliki Otak ‘Kacang’

Mitos yang kedua tentang hiu ini tidak sepenuhnya benar. Hiu adalah salah satu makhluk air yang memiliki kecerdasan yang tinggi. Dengan evolusi yang telah berjalan lebih dari 400 juta tahun, membuat perkembangan kecerdasan hewan ini meningkat.

Betul bahwa dulunya ikan hiu ini termasuk hewan yang tidak cerdas. Namun dari hasil beberapa penelitian ditemukan bahwa ikan hiu menunjukkan perilaku sosial yang kompleks.

Wesley Strong yang melakukan penelitian di tahun 1966 menemukan bahwa beberapa hiu akan ‘meneliti’ terlebih dulu sebuah kotak, sebelum menghampiri benda tersebut karena penasaran.

Aidan Marta – seorang ahli hiu lainnya – menyebutkan bahkan beberapa hiu dapat berkomunikasi dengan kawanan mereka dengan menggunakan bahasa tubuh.

Bahkan dari hasil penelitian lain pada tahun 1996 menemukan bahwa ternyata ikan hiu mempunyai otak yang sama dengan unggas dan mamalia.

3. Mitos Semua Hiu Memiliki Tubuh Yang Besar dan Memiliki Gigi Tajam

Ternyata faktanya tidak semua hiu memiliki tubuh yang besar dan gigi tajam yang mengeriakan. Ada sekitar 450 species hiu yang ada di seluruh bumi yang memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran tubuh.

Salah satu hiu yang hidup di perairan laut dalam yaitu hiu dogfish memiliki tubuh yang sangat kecil. Ukuran tubuh hiu ini hanya sepanjang 8 inci atau kurang lebih sama dengan 20 sentimeter.

Basking shark atau hiu penjemur merupakan predator air terbesar kedua di lautan. Namun dengan ukuran tubuh dan mulut yang sangat besar (lebar mulutnya hampir 1 meter), hiu ini hanya memakan plankton.

Punggung pria ini berlubang akibat bekam. Baca deh: Mengerikan!! Akibat Terapi Bekam Berlebihan Punggung Pria Ini Berlubang Dan Melepuh Seperti Luka Bakar

Ada pekerja seks android di tahun 2050. Coba di baca: Pekerja Seks Android Membantu Mengurangi Penyakit Seksual Menular Pada 2050

4. Mitos Kalau Diserang Hiu Maka Pukul Hidungnya

Salah satu ilmuwan hiu dari Abess Center for Ecosytem Science and Policy di Universitas Miami yaitu David Shiffman mengatakan bahwa memukul hiu di dalam air jika diserang tidak akan memberikan efek sama sekali. Sehingga mitos tentang hiu jika diserang oleh ikan ini lalu pukul hidungnya bukanlah satu ide yang baik.

Ditambahkan oleh David, cara terbaik jika diserang hiu ada dengan menargetkan matanya. Hiu mempunyai kelopak mata yang berfungsi sebagai pelindung, untuk menghalangi mata dari mangsa yang meronta-ronta dalam rahang mereka.

5. Mitos Tidak Ada Hewan yang Makan Hiu

Bagi hiu macan dan hiu paus yang memiliki ukuran tubuh yang besar tidak perlu khawatir akan predator lain menyerang mereka. Namun hal ini tidak berlaku bagi hiu yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil.

Hiu yang mempunyai tubuh yang sangat kecil seringkali menjadi sasaran sangat empuk bagi predator laut besar lainnya.

Dan faktanya, manusia lah yang menjadi ancaman terbesar bagi hiu. Jumlah hiu dari tahun ke tahun semakin berkurang jumlahnya karena adanya penangkapan yang berlebihan.

Lebih dari 100 juta hiu diburu setiap tahunnya. Hewan ini diburu karena tingginya permintaan sirip hiu yang akan digunakan untuk bahan pengobatan dan santapan.

Itulah 5 mitos tentang hiu yang selama ini dipercaya sebagai hewan yang mengerikan namun ternyata hoax.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort