Anda Sering Mengalami Kram Otot? Itu Salah Satu Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Kalium

Anda Sering Mengalami Kram Otot? Itu Salah Satu Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Kalium

Salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia adalah kalium. Kemungkinan besar banyak orang yang tidak mengetahui apa sih fungsi kalium. Lalu apa saja tanda-tanda tubuh kekurangan kalium?

Kalium memiliki fungsi untuk kontraksi otot, regulasi cairan, dan keseimbangan mineral. Selain itu kalium juga berfungsi untuk mengeluarkan kelebihan natrium di dalam tubuh. Dan yang tidak kalah penting adalah kalium juga dapat menurunkan tekanan darah, sehingga hal ini dapat melindungi diri Anda dari penyakit stroke atau jantung.

Jika Anda tidak mengonsumsi kalium dalam jumlah yang cukup maka dapat menimbulkan sejumlah gejala atau tanda-tanda tubuh kekurangan kalium, diantaranya adalah:

1. Selalu merasa lelah

Salah satu tanda kekurangan kalium yang sering terjadi adalah selalu merasa lelah. Tanda tersebut bahkan bisa dirasakan meski Anda sudah tidur dengan cukup. Rasa lelah terjadi akibat kekurangan kalium akan membuat sirkulasi darah dan cairan Anda tidak berjalan dengan semestinya.

2. Kram otot

Kalium memegang peranan yang penting untuk kontraksi otot, baik otot jantung maupun otot di seluruh tubuh Anda. Maka, kekurangan kalium akan membuat Anda sering mengalami kram otot, baik saat sedang beraktivitas biasa maupun saat sedang berolahraga.

Cara Mendapatkan Uang Dari Bisnis Online Dengan Belajar Di Kursus Internet Marketing Terbaik Di Indonesia
3. Merasa pusing dan ingin pingsan

Sering merasa pusing hingga ingin pingsan tidak boleh Anda abaikan. Salah satu penyebab yang mungkin terjadi adalah kekurangan kalium. Kurangnya asupan kalium dapat membuat detak jantung Anda berjalan lebih lambat, hingga membuat Anda pusing hingga merasa ingin pingsan.

4. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa terjadi akibat kekurangan kalium. Hal ini terjadi akibat kurangnya kalium dapat membuat jantung kesulitan untuk memompa darah. Selain hipertensi, kondisi tersebut juga dapat membuat jantung Anda berdebar-bedar.

5. Tubuh membengkak

Kekurangan kalium akan membuat tubuh Anda kesulitan dalam mengatur kadar natrium, sehingga berakhir dengan terjadinya pembengkakan di sejumlah anggota tubuh.

Agar kelima gejala atau tanda-tanda tubuh kekurangan kalium tersebut tidak Anda alami, sebaiknya Anda mencukupi kebutuhan kalium Anda. Setiap harinya seorang dewasa membutuhkan kalium sebanyak 4.700 miligram. Anda bisa mendapatkan kalium dengan mengonsumsi pisang, pepaya, kentang, aprikot, melon, dan avokad.

BACA JUGA:




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort