((( WOW ))) Menakjubkan !!! Berbagai Macam Penyakit Dapat Diobati Dengan Daun, Kulit, Buah, Akar, Bunga Dan Biji Sirsak

Berbagai Macam Penyakit Dapat Diobati Dengan Daun, Kulit, Buah, Akar, Bunga Dan Biji Sirsak

Sirsak adalah tanaman yang sudah lama dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Buah sirsak cukup mudah ditemukan, baik di pasar tradisional maupun di pasar swalayan. Di balik rasanya yang sangat enak itu ternyata  daun, kulit, buah, akar, bunga dan biji sirsak banyak mengandung zat-zat atau senyawa yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Berikut ini adalah berbagai macam penyakit yang dapat diobati dengan daun, kulit, buah, akar, bunga dan biji sirsak:

1. Manfaat Daun Sirsak 

Daun sirsak memilki lebar 3 -7 cm dan panjang pada 6 – 18 cm. Daun yang tua berwana hijau tua dan yang muda berwarna hijau kekuningan. Seperti juga buahnya, daun sirsak memiliki kandungan berbagai zat aktif yang bermanfaat untuk penyembuhan atau pengobatan bermacam penyakit. Senyawa yang dimilikinya yakni annocatilin, annohexocin, annonacin, annomiricin.

BACA JUGA: Inilah Solusi Mengatasi Biaya Pengobatan Yang Mahal 3 Jenis Penyakit Kritis Ini

Sudah mulai sejak lama suku asli hutan Amazon, Amerika menggunakan daun sirsak juga sebagai obat untuk mengobati beragam penyakit. Penyakit yang dapat pulih diantaranya: lever (penyakit hati), kejang, batuk, rematik, radang sendi dan rasa nyeri pada sel saraf (neuralgia). Karenanya mereka senyebut pohon sirsak juga sebagai “pohon ajaib”. Dengan cara tradisional daun sirsak digunakan di beberapa negara untuk penyembuhan penyakit yang berbeda.

2. Manfaat Kulit Batang Pohon Sirsak 

Kulit batang pohon sirsak memiliki kandungan senyawa tanin, fitosterol, caoksalat, murisine, dan alkaloid. Kulit batang umum dikonsumsi setelah di rebus dengan air. Air rebusannya dipakai untuk penyembuhan penyakit asma, batuk, penenang dan hipertensi. Bangsa Haiti menyakini air rebusan kulit batang pohon sirsak bisa memperbaiki sistem kerja jantung.

Masyarakat Peru umum menggunakannya juga sebagai obat penyakit kencing manis. Suku Amazon memakai kulit batang sirsak sebagai obat untuk mengobati penyakit diabetes serta sebagai obat antikejang. Orang-orang dari beberapa negara memakainya untuk menghangatkan badan, menyembuhkan flu, serta sebagai antiparasit.

3. Manfaat Buah Sirsak

Buah sirsak terdiri dari 67% daging buah. Daging buah yaitu bagiam buah yang bisa dikonsumsi. Dua puluh persen dari keseluruhnya berat buah yakni sisi kulit, 8, 5% biji dan 4, 5% bagian tengah buah. Bagian terbesar dari buah yakni kandungan air yang meraih 82% dari semua sisi daging buah. Kandungan karbohidrat seputar 16% yang terbagi dalam glukosa dan fruktosa.

Buah sirsak juga memiliki kandungan zat besi, fosfor, dan kalsium. Sedang vitamin yang terkandung yakni vitamin A, B1, B2 dan C. Vitamin paling dominan yaitu vitamin C.

Vitamin C dalam sirsak berperan sebagai anti-oksidan yang bertindak untuk peningkat ketahanan badan. Telah di ketahui kalau vitamin C bisa memperlambat system penuaan, jadi awet muda. Senyawa-senyawa fitokimia yang ada dalam buah sirsak salah satunya, annonain, acetaldehyde, muricine, muricinine, tannin, ananol, anomurine.

Buah sirsak mengandung serat yang tinggi. Serat sangat baik untuk membantu psoses pencernaan. Serat ini bisa menghalangi munculnya penyakit-penyakit dalam usus atau saluran pencernaan. Dengan berbagai kandungan yang dipunyainya buah sirsak dinyakini bisa menyembuhkan penyakit, disentri, osteoporosis, asam urat, demam, diabetes dan batu empedu.

4. Manfaat Akar Sirsak

Akar pohon sirsak mempunyai kandungan senyawa aktif annonain, tanin dan alkaloid. Sebagai bahan yang digunakan untuk obat akar pohon sirsak biasanya dikonsumsi berupa teh. Akar ini digunakan sebagai obat penenang, antikejang, antidiabetes, dan turunkan desakan darah.

Beberapa orang Amazon menggunakan akar pohon sirsak sebagai panangkal toksin, penghilang kutu, dan antidiabetes. Penggunaan lain dari akar sirsak yakni sebagai toksin pada aktivitas penangkapan ikan, atau sebagai racun yang bisa membunuh larva nyamuk dan nyamuk vektor malaria.

5. Manfaat Bunga Sirsak

Bunga sirsak memiliki tiga daun kelopak berwarna kuning kehijauan yang membuat pada sisi tiga daunya rata-rata memiliki panjang pada 2 – 5 cm. Panjang tangkai bunga sirsak ini seputar 2, 5 – 3.5 cm. Bunga sirsak nampak di sekita bawah pangkal daunnya serta ada pada ranting dan ujung cabang.

Tanaman sirsak ini termasuk juga tanaman tunggal atau berrumah satu, serta tanaman yang mempunyai bunga jantan dan betina. Bunga sirsak umum digunakan oleh sebagiam orang-orang Brazil Benua Amerika untuk penyembuhan berbagai penyakit saluran pernapasan.

BACA JUGA: Inilah Alasan Mengapa Banyak Orang Lebih Memilih Paper Asset Dibandingkan Conventional Assets

6. Manfaat Biji Sirsak

Biji sirsak berupa bulat memanjang sedikit pipih mempunyai ukuran rata-rata 2 x 1 cm dengan warna coklat kehitaman dan berkilap. Satu buah sirsak mengadung pada 20 – 200 biji yang sama-sama berdekatan. Senyawa bioaktif yang ada pada biji sirsak yaitu senyawa alkaloid yang terdiri dari annonaine dan acetogenins. Di Indonesia senyawa bioaktif ini umum dipakai sebagai pestisida nabati.

Biji buah sirsak oleh sebagian orang-orang pemula dimanfaatkan sebagai anticacing (vermifuges) dan untuk membunuh kecoa. Bangsa Brazil menggunakan minyak biji sirsak untuk kepentingan kosmetika. Minyak bertindak sebagai astrigent atau toner pembersih permukaan kulit yang kotor. Suku Amazon menggunakan minyak biji sirsak sebagai obat masuk angin.

Itulah beberapa manfaat dari daun, kulit, buah, akar, bunga dan biji sirsak yang dapat mengobati berbagai macam jenis penyakit. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort