Waspadalah Terhadap 7 Gejala Dan Tanda-Tanda Asam Lambung Yang Patut Diwaspadai

Waspadalah Terhadap 7 Gejala Dan Tanda-Tanda Asam Lambung Yang Patut Diwaspadai

 

Salah satu jenis penyakit gangguan kesehatan yang cukup umum ditemukan di masyarakat adalah penyakit asam lambung. Apa sajakah gejala dan tanda-tanda asam lambung yang patut Anda waspadai?

Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Penyakit asam lambung umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. Lingkaran otot pada bagian bawah berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke perut.

Mulas adalah salah satu tanda refluks asam atau tanda-tanda asam lambung yang jika tidak segera diatasi akan menyebabkan barrett esophagus yang merupakan cikal bakal kanker. Oleh karena itu, selain mulas, perlu dikenali ciri ciri naiknya asam lambung agar pengobatannya pun bisa dilakukan dengan tepat.

1. Mual
Mual adalah tanda refluks asam yang sering terjadi. Jika Anda merasa mual setelah makan, itu bukan hanya karena Anda terlalu banyak menyantap makanan tapi bisa saja terjadi masalah dengan asam lambung Anda.

2. Mulut pahit
Kadar asam lambung yang tidak normal bisa membuat mulut Anda terasa pahit. Pada beberapa kasus, naiknya asam lambung bahkan bisa membuat orang tersedak.

3. Sakit tenggorokan
Orang biasanya langsung mengira bahwa sakit tenggorokan adalah gejala pilek atau flu tapi kadang-kadang masalah pencernaan juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan merupakan tanda tidak normalnya asam lambung terutama ketika Anda mengalaminya sesaat setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Cara Mendapatkan Uang Dari Bisnis Online Dengan Belajar Di Kursus Internet Marketing Terbaik Di Indonesia
4. Batuk
Jika Anda batuk berlebihan bisa jadi itu disebabkan karena gangguan lambung yang membuat asam dari perut Anda ke arah kerongkongan.

5. Sulit menelan
Ketika seseorang sering merasa mual, tandanya sedang terjadi siklus untuk pemulihan. Hal ini mengakibatkan jaringan parut di bawah kerongkongan membengkak sehingga kerongkongan jadi sempit dan Anda pun susah menelan.

6. Terlalu banyak air liur
Salah satu tanda yang paling tidak biasa dari naiknya asam lambung adalah kelebihan produksi air liur di mulut. Kelebihan produksi air liur bisa menjadi salah satu gejala refluks asam karena tubuh sedang mencoba mencuci iritan di kerongkongan dari perut.

7. Nyeri berlebih
Tanda-tanda asam lambung yang naik lainnya adalah jika Anda tetap berdiri setelah makan, gravitasi memainkan peran untuk menjaga makanan di dalam perut Anda. Tapi, jika Anda berbaring atau membungkuk setelah makan, asam di perut jauh lebih mungkin akan mengalir ke kerongkongan hingga membuat Anda mulas.

BACA JUGA:




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *