Waspadalah! Orang Yang Berbadan Kurus Juga Dapat Terkena Hiperkolesterolemia

Waspadalah! Orang Yang Berbadan Kurus Juga Dapat Terkena Hiperkolesterolemia

Sering orang beranggapan kalau orang yang berbadan kurus, pasti aman dari kondisi kadar kolesterol yang tinggi. Namun, pendapat itu tidaklah selalu benar. Bagi Anda yang kurus, harap waspada, sebab kondisi yang dikenal dengan istilah hiperkolesterolemia atau kondisi dimana kolesterol yang jumlahnya berelebihan juga bisa dialami oleh orang kurus.

Kadar kolesterol total ataupun sejenisnya, seperti LDL dan dan trigliserida, yang terlalu tinggi akan berbahaya bagi kesehatan, khususnya jantung. Oleh karena itu, Anda harus selalu waswas andaikan hasil lab menunjukkan kondisi tersebut.

BACA JUGA: Jika Anda Peduli Terhadap Kesehatan Jantung Anda, Waspadalah Terhadap Jenis Makanan Ini…

Makanan dengan kandungan kolesterol maupun lemak jenuh yang tinggi juga berpengaruh secara signifikan ada kolestrol dalam tubuh. Baik orang bertubuh gemuk atau kurus, pengaturan diet rendah kolesterol dan lemak jenuh merupakan cara efektif untuk mengendalikan kadar kolesterol darah.

Nah, yang perlu dipahami bersama sebenarnya faktor yang memicu tinggi kolesterol tak hanya konsumsi lemak jenuh. Ternyata masih ada faktor lainnya yang tak kalah populer dengan berat badan dan lemak jenuh, yaitu umur, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan keturunan.

Software Terbaik Untuk Membuat POSTER, DESAIN & BANNER

Sebab ketika bertambahnya usia, baik kurus maupun gemuk, pria mempunyai kecenderungan meningkat kolestrolnya. Nah, sedangkan wanita menopause (kadar LDL lebih tinggi) tentu perlu perhatian khusus. Sebaiknya rutinlah melakukan aktivitas fisik dan menerapkan kebiasaan hidup sehat. Seperti tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, dan mengonsumsi makanan secara seimbang.

Nah, dari banyaknya faktor pemicu itu, yang paling susah dikendalikan adalah faktor keturunan. Walaupun angka kemungkinan kolesterol tinggi karena faktor keturunan tidak sebesar faktor lain, tapi manifestasinya akan lebih buruk bila disertai hadirnya faktor risiko lain. Seperti kegemukan, penyakit diabetes, dan sebagainya.

BACA JUGA: Berhati-Hatilah!!! Jangan Sepelekan Penyakit Asam Lambung Sebab Dapat Menyebabkan Kematian

Yang perlu kita tahu juga, orang yang memiliki badan gemuk dengan kadar kolesterol normal belum sepenuhnya bebas masalah. Penelitian menyatakan, beberapa penyakit seperti jantung, stroke, diabetes, kanker, radang sendi, peningkatan kadar asam urat, dan batu empedu lebih sering didapati pada orang gemuk, walaupun tidak mutlak disertai kadar kolesterol tinggi.

Jadi, yang terpenting hindarilah gangguan kesehatan akibat kadar kolesterol tinggi. Langkah awalnya dengan menjaga bobot badan dalam batas norma yang disertai dengan menu sehat seimbang serta aktivitas fisik secara teratur.

Kursus Internet Marketing Terbaik Di Indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort