Waspadalah, Inilah 6 Tanda Ponsel Android Terinfeksi Spyware. Salah Satunya…

Waspadalah, Inilah 6 Tanda Ponsel Android Terinfeksi Spyware. Salah Satunya...

Anda pengguna ponsel dengan sistem operasi Android? Sebaiknya Anda harus berhati-hati terhadap infeksi virus. Walaupun jarang ditemukan, tapi bukan berarti Anda tidak waspada terhadap serangan virus. Apa sajakah tanda ponsel Android terinfeksi spyware?

Spyware adalah perangkat lunak (software) yang bekerja untuk memata-matai segala aktivitas pada perangkat tertentu yang terhubung dengan internet yang dapat merusak sistem ponsel Android.

Pada umumnya, infeksi spyware ponsel android menggunakan sarana aplikasi yang dimodifikasi untuk menyisipkan perangkat mata-mata tersebut.

Dampaknya tidak main-main, penyerang dapat mengetahui semua aktivitas yang dilakukan menggunakan ponsel Android yang terinfeksi. Bahkan, hal yang mungkin pula dilakukan penyerang adalah menambahkan fungsi kontrol jarak jauh (remote) pada spyware tersebut.

Ada baiknya Anda mengenali beberapa tanda umum yang mencirikan bahwa ponsel Android Anda tengah terinfeksi spyware. Diharapkan dengan mengetahui tanda infeksi spyware tersebut, para pengguna ponsel Android menjadi lebih waspada terhadap serangan perangkat jahat tersebut.

Berikut tanda ponsel Android terinfeksi spyware:

1. Waktu yang terlalu lama saat mematikan ponsel

Apakah ponsel android Anda membutuhkan waktu yang terlalu lama saat dimatikan, bila ya boleh jadi ponsel android tersebut terinfeksi spyware.

Hal ini disebabkan karena spyware umumnya membutuhkan waktu untuk mengirimkan data yang terdapat pada ponsel kepada penyerang, terutama saat ponsel dimatikan seusai mengirim pesan baik berupa email dan pesan singkat, atau seusai melakukan aktivitas yang menggunakan koneksi internet, seperti browsing web.

2. Perubahan tiba-tiba pada perilaku ponsel

Bila Anda mendapati ponsel Android tiba-tiba saja mengalami perubahan perilaku, seperti layar yang terkunci tiba-tiba saja terbuka, atau tiba-tiba saja ponsel Android menjalankan browsing web tanpa Anda kendalikan.

Maka, kemungkinan seseorang memata-matai ponsel Anda dengan spyware. Namun, perlu diperhatikan bahwa tanda tersebut terjadi secara tiba-tiba dan berulang pada waktu tertentu.

Cara Dapat Tips Internet Gratis Dan Daftar Free Member SB1M
3. Perubahan pada tingkat volume ponsel

Tanda ponsel Android terinfeksi spyware lainnya adalah perubahan pada tingkat volume ponsel. Misalnya saja pada terdapat panggilan masuk, tingkat volume tiba-tiba berubah menjadi lebih tinggi atau sebaliknya, padahal Anda tak melakukan perubahan pada tingkat volume tersebut.

4. Masuknya pesan singkat yang mencurigakan

Bukan hal mudah spyware dapat menginfeksi ponsel Android Anda, dimana diperlukan proses pemasangan adalah salah satunya melalui pesan singkat yang mencurigakan, seperti pesan tanpa nomor, pesan singkat yang menawarkan sebuah tautan (link) tertentu.

Nah, bila pesan tersebut masuk ke ponsel android Anda berulang-ulang, boleh jadi hal tersebut menandakan ponsel Android pernah terinfeksi spyware, akan tetapi karena terjadi perubahan tertentu, seperti terputusnya koneksi saat membawa data dari ponsel korban kepada penyerang, maka proses pemasangan perlu dilakukan kembali. Itulah sebabnya mengapa pesan mencurigakan tersebut masuk secara berulang-ulang pada waktu tertentu.

5. Ponsel mengalami restart atau mati secara tiba-tiba

Tanda ponsel Android terinfeksi spyware berikutnya yang perlu diwaspadai adalah ketika ponsel Android tiba-tiba mati tanpa alasan yang jelas. Misalnya saja ponsel tiba-tiba mati, padahal Anda yakin baterai ponsel tidak sedang kekurangan daya atau pun mengalami kerusakan, maka mungkin saja hal tersebut adalah hal yang menandakan bahwa ponsel Android Anda terinfeksi spyware.

Sebagaian besar spyware memiliki bug tertentu yang terkadang berdampak terjadinya restart pada ponsel atau bahkan mati secara tiba-tiba.

6. Koneksi internet lebih boros

Salah satu syarat spyware dapat memata-matai ponsel Android adalah dengan menggunakan internet, sebagai sarana untuk mengirimkan data.

Nah, apabila Anda merasa tiba-tiba saja pemakaian internet menjadi lebih besar atau makin boros, padahal Anda jarang mengakses aplikasi tertentu atau pun browsing maka mungkin saja ponsel android Anda telah terjangkiti spyware.

Sebagai catatan penting untuk menghindari infeksi spyware diantaranya adalah dengan tidak melakukan pemasangan aplikasi yang tidak terjamin keamanannya, misalnya saja aplikasi dari pihak ketiga melalui situs tidak resmi dan juga memasang aplikasi anti spyware.

Selain itu, jangan pernah mengakses tautan (link) yang berasal dari pesan yang mencurigakan.

BACA JUGA:




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort