Waspadalah! Gangguan Insulin Dapat Menyebabkan Kemandulan

Waspadalah! Gangguan Insulin Dapat Menyebabkan Kemandulan

Kesibukan sehari-hari sering dijadikan alasan bagi seseorang sehingga mereka memiliki gaya hidup yang kurang sehat. Kurangnya aktivitas fisik, mengonsumsi makanan cepat saji dan kebiasaan buruk seperti merokok, merupakan beberapa contoh nyata gaya hidup yang dijalani oleh masyarakat di kota-kota besar. Padahal tanpa disadari, hal tersebut lama kelamaan akan memberikan dampak buruk bagi tubuh mereka. Salah satunya, adalah gangguan pada insulin atau resistensi insulin.

Apa itu Insulin?

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh sel-sel beta pankreas yang membantu glukosa memasuki sel untuk diubah menjadi energi, sehingga kadar glukosa di dalam darah menurun.

Apa yang dimaksud dengan resistensi insulin?


Resistensi insulin adalah kondisi dimana tubuh seseorang (resisten) menolak atau tidak merespon terhadap hormon insulin. Hal ini erat kaitannya dengan fungsi insulin untuk menjaga kadar glukosa darah dalam tubuh tetap normal. Bila terjadi resistensi insulin, maka akan mengakibatkan glukosa tidak dapat diubah menjadi energi untuk tubuh.

Mengapa tubuh manusia bisa mengalami resistensi insulin? Apa akibatnya jika hal ini terjadi?


Resistensi insulin terjadi ketika reseptor di dalam sel yang menggunakan glukosa tidak “membuka” pintu. Ketika insulin tidak bisa masuk ke lubang kunci, akibatnya tubuh menempatkan lebih banyak insulin di dalam darah.

Seiring dengan berjalannya waktu, lama-kelamaan akan terjadi hiperinsulinemia. Akibat dari hiperinsulinemia adalah tubuh akan kesulitan merubah glukosa menjadi energi. Karena hal tersebut maka tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi.

Apa saja penyebab gangguan insulin atau resistensi insulin?


Penyebab dari resistensi insulin sama halnya seperti proses oksidasi, dapat terjadi karena timbunan lemak ataupun toksin dari rokok. Resistensi Insulin juga secara genetik diturunkan, semisalnya pada pasien diabetes.

Akan tetapi hampir semua orang yang mengalami kegemukan akan mengalami resistensi insulin yang kemudian bisa mengarah pada penyakit diabetes, kardiovaskuler, hipertensi dan kemandulan.





Apa saja faktor risiko resistensi insulin?


Faktor risiko seseorang mengalami resistensi insulin adalah usia pre-menopause, obesitas, kurang aktivitas fisik (olah raga dan bergerak), gaya hidup yang kurang sehat (merokok) dan faktor genetik.

Apakah gangguan insulin atau resistensi insulin hanya dialami oleh penderita diabetes mellitus saja?


Resistensi insulin memang umumnya terjadi pada orang-orang yang menderita diabetes mellitus. Tetapi bagi orang-orang yang mengalami obesitas, walaupun tidak menderita diabetes mellitus, resistensi insulin dapat terjadi.

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk tetap menjaga berat badan ideal kita, dengan cara hidup sehat, makan makanan seimbang dan pastinya berolahraga rutin. Agar diri kita terbebas dari masalah resistensi insulin.

Daftar Free Member Video Tutorial Internet Marketing Dan Bisnis Online SB1M

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort