Wajib Dibaca !!! Inilah 8 Jenis Penyakit Jantung Yang Patut Anda Waspadai

Wajib Dibaca !!! Inilah 8 Jenis Penyakit Jantung Yang Patut Anda Waspadai

Penyakit jantung adalah istilah yang digunakan menggambarkan sejumlah penyakit yang mempengaruhi kesehatan jantung. Penyakit jantung pada dasarnya disebabkan karena sel-sel jantung yang mati dan mengakibatkan pasokan darah ke jantung terhenti atau bisa juga disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah.

Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit jantung mengambil tempat pertama sedangkan stroke menempati peringkat kedua.

Kebanyakan orang lebih sering merujuk istilah penyakit jantung kepada penyakit kardiovaskuler. Padahal, masih banyak jenis penyakit jantung lain yang juga termasuk dalam gangguan jantung, diantaranya:

1. Aritmia Jantung

Harus diakui jantung adalah organ tubuh yang sangat menakjubkan. Jantung berdetak dalam ritme yang ajek sekitar 60 sampai 100 kali setiap menit. Namun ada juga kalanya jantung berdetak tak sesuai ritme. Detak jantung yang tak normal disebut aritmia.

BACA JUGA: Anda Patut Waspada Jika Mengalami Kondisi Aritmia Yaitu Gangguan Irama Jantung. Sebab…

Jenis penyakit jantung yang seringkali disebut disritmia ini terjadi perubahan ritme sehingga menimbulkan detak jantung tak teratur atau perubahan detak. Jantung jadi berdetak sangat lambat atau sangat cepat.

2. Gagal Jantung

Jenis penyakit jantung yang dikenal dengan gagal jantung bukanlah berarti jantung jadi gagal atau berhenti berdetak. Gagal jantung artinya jantung tidak memompa darah sebaik seharusnya. Hal ini kemudian menyebabkan penahanan air di dalam tubuh sehingga terjadi pembengkakan dan kesulitan bernapas. Tubuh bengkak dan napas pendek-pendek adalah gejala utama gagal jantung.

Di Amerika Serikat, gagal jantung telah menjadi masalah kesehatan utama. Sekitar lima juta orang Amerika Serikat mengidap gagal jantung. Kurang lebih 550 ribu orang terdiagnosa menderita gagal jantung setiap tahun. Penyakit ini juga yang jadi penyebab utama perawatan di rumah sakit buat orang di atas usia 65 tahun.

3. Penyakit Jantung Koroner

Jenis penyakit jantung koroner seringkali disebut penyakit jantung saja terjadi akibat penimbunan plak di pembuluh arteri selama bertahun-tahun. Penimbunan plak itu menghalangi aliran darah di pembuluh arteri.

Pembuluh arteri ini seharusnya lembut dan elastis namun karena penimbunan plak menjadi sempit dan kaku sehingga sangat mengurangi aliran darah ke jantung. Jantung menjadi kekurangan oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan. Itulah terjadinya serangan jantung.

Penimbunan plak di pembuluh arteri ini tidak terjadi dalam semalam. Penimbunan terjadi sejak usia muda. Kolesterol mulai menimbun di dinding pembuluh darah selama bertahun-tahun. Ketika kita berusia lanjut, plak terlanjur besar membuat radang dinding pembuluh dan meningkatkan risiko pembekuan darah dan serangan jantung.

4. Penyakit Katup Jantung

Katup jantung terletak di pintu keluar dalam masing-masing empat ruangan jantung dan tugasnya menjaga aliran darah satu arah lewat jantung. Katup jantung bisa rusak karena berbagai hal misalnya penyempitan, kebocoran atau penutupan yang tak sempurna.

Gejala jenis penyakit jantung ini berupa kelelahan, napas pendek-pendek, detak jantung tak teratur, kaki atau pergelangan kaki bengkak, nyeri dada.

5. Perikarditis

Ini adalah peradangan di lapisan yang membungkus jantung. Penyakit ini termasuk langka dan seringkali disebabkan oleh infeksi.

6. Penyakit Aorta

Aorta adalah pembuluh arteri besar yang meninggalkan jantung dan membawa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Kelainan ini menyebabkan aorta melebar atau robek sehingga meningkatkan risiko kejadian berbahaya seperti penebalan pembuluh arteri, tekanan darah tinggi, penyakit genetik Sindrom Marfan (orang dengan Sindrom Marfan memiliki jaringan konektif termasuk di antaranya jaringan jantung dan pembuluh darah yang kekuatannya berkurang karena pembuatan zat kimia yang tak normal).

Mereka dengan penyakit ini harus ditangani oleh tim ahli jantung dan bedah jantung berpengalaman.

7. Kelainan Jantung Bawaan

Jenis penyakit jantung ini adalah jenis kelainan pada satu struktur atau lebih di jantung atau pembuluhnya. Kelainan ini terjadi sebelum dilahirkan. Kelainan ini terjadi pada delapan per 1000 anak. Kelainan jantung bawaan ini bisa menampakkan gejala pada saat kelahiran, masa kanak-kanak atau kadang sampai remaja.

BACA JUGA: Apa Saja Faktor Penyebab Serangan Jantung Pada Usia Muda. Salah Satunya…

Hingga saat ini para ahli masih belum tahu mengapa kelainan ini terjadi. Faktor keturunan mungkin berperan. Termasuk juga paparan infeksi virus, alkohol atau obat-obatan terhadap janin selama kehamilan.

8. Kardiomiopati

Kardiomiopati adalah jenis penyakit jantung yang disebabkan adanya kelainan pada otot jantung. Orang yang menderita penyakit ini sering disebut dengan perbesaran jantung. Jantung penderita mengalami perbesaran, kekakuan, penebalan tak normal.

Akibat perbesaran jantung tersebut maka kemampuan jantung untuk memompa darah jadi melemah. Jika tidak segera mendapatkan pengobatan, maka kardiomiopati bisa memburuk dan seringkali menyebabkan gagal jantung dan ritme jantung tak normal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort