Untuk Kenyamanan Karyawannya Maka Perusahaan Ini Melakukan Penanaman Microchip Pada Karyawan-karyawannya

Untuk Kenyamanan Karyawannya Maka Perusahaan Ini Melakukan Penanaman Microchip Pada Karyawan-karyawannya

Tentu Anda masih ingat kalau di beberapa film tempo dulu tidak jarang Anda melihat beberapa adegan yang memperlihatkan penanaman microchip ke dalam tubuh manusia untuk kepentingan tertentu atau mata-mata sebuah agen.

Bahkan pengarang ramalan ternama dari Perancis, Nostradamus, sudah meramalkan tentang adanya microchip yang ditanamkan pada dahi atau telapak tangan manusia untuk menyimpan data pribadi maupun keuangan manusia.

Dikatakan bahwa akan ada masa dimana manusia tidak perlu lagi membawa kartu tanda penduduk, sim, atau kartu apa saja di dalam dompetnya. Dengan telah ditemukannya nano teknologi, maka segala data tentang pribadi manusia akan dapat di muat dalam bentuk chip ukuran mikro. Chip ini sangat kecil dan memiliki kapasitas sekitar 4 gygabites, dan ditanamkan di dahi atau telapak tangan kanan seseorang.

Dan ternyata apa yang diramalkan oleh Nostradamus sudah menjadi kenyataan. Sebuah perusahaan baru di Swedia, yaitu Epicenter sudah melakukan penanaman microchip pada karyawan-karyawannya. Menurut Ubergizmo Rabu (12/4/2017), menurut Epicenter hal ini dilakukan untuk kenyamanan karyawan. 





Microchip yang dibenamkan di dalam tubuh karyawan perusahaan start-up itu berfungsi untuk akses yang lebih mudah seperti keluar masuk kantor, mengoperasikan printer, membeli makanan di kantin, dan hal lain sebagainya.

Cara menggunakannya adalah dengan cara melambaikan tangan mereka pada ‘terminal’ saat hendak mengakses sesuatu. Cara ini diklaim akan lebih mudah dari pada harus membawa kartu akses, oleh karena dengan membenamkan microchip ke dalan tubuh tidak akan hilang atau dicuri.

Co-founder dan Chief Executive dari Epicenter, Patrick Mesterton, mengatakan, membenamkan chip pada manusia akan mempermudah segala kebutuhan dalam segala keperluan.

“Manfaat terbesar, saya pikir, adalah kenyamanan. Pada dasarnya menggantikan banyak hal yang Anda miliki, perangkat komunikasi lainnya, apakah itu kartu kredit atau kunci.”

Namun, tetap ada hal yang mengkhawatirkan dengan penanaman microchip pada manusia seperti privasi dan keamanan. Menurut ahli mikrobiologi di Stockholm Karolinska Institute, Ben Libberton, mengatakan bahaya hacker yang bisa memperoleh banyak sekali informasi dari microchip yang tertanam ini.

Sampai sejauh ini karyawan Epicenter yang sudah ditanami microchip malah merasa cukup gembira karena dirasa lebih praktis. 

Disebutkan bahwa semua pakar yakin bahwa penanaman microchip akan meluas.  Cobalah tonton iklan teknologi RFID untuk belanja tanpa kasir seperti berikut ini:

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *