Universal Flash Storage atau UFS Media Penyimpanan Data Penerus MicroSD Keluaran Samsung

Universal Flash Storage atau UFS Media Penyimpanan Penerus MicroSD Keluaran Samsung

Universal Flash Storage atau UFS Media Penyimpanan Penerus MicroSD – Seiring perkembangan zaman, maka teknologi juga semakin maju dan berkembang. Hal ini berimbas pada media penyimpanan data yang terus berevolusi dari masa ke masa. Sekarang ini orang masih menganggap media penyimpanan data menggunakan Hardisk Disk Drive (data storage) berkapasitas 500 GB masih terlalu kecil untuk memuat data-data mereka. Namun bayangkan jika teknologi ini dibawa pergi menuju masa lalu (sekira tahun 1981) ketika orang hanya baru mengenal media bernama diskette berkapasitas 360 KB.

Pada 1976 ditemukanlah Floppy Disk yang berkapasitas 360 KB. Dari sisi muatan memang jauh lebih kecil, namun dari sisi materi, media ini sungguh suatu kemajuan. Floppy disk hanya berukuran 8 inci dengan hanya mode read only. Media ini juga mengalami banyak perkembangan baik dari ukuran (3 inci) maupun kapasitasnya (sekira 250 MB).

Kemudian di era tahun 2000-an berkembanglah flash disk yang saat ini kapasitas penyimpanannya sudah tidak lagi di megabyte tapi sudah mencapai gigabyte.

Media penyimpanan semakin kecil tapi kapasitasnya semakin besar, itulah yang terjadi pada abad modern.

Setelah flash disk, maka berkembang lah media penyimpanan data lainnya yaitu MicroSD dimana media ini banyak digunakan di berbagai gadget untuk menyimpan data. MicroSD memiliki kapasitas yang besar sampai ratusan megabyte.

Teknologi media penyimpanan data tidak berhenti malah terus berkembang. Kini Samsung telah merancang Universal Flash Storage atau UFS media penyimpanan data penerus MicroSD. Apa saja kelebihannya?

  • Universal Flash Storage (UFS) memiliki ukuran fisik lebih kecil dari MicroSD
  • Kecepatan transfer data UFS mencapai 530 Mbps (Megabyte per second)
  • Kecepatan writtingnya mencapai 170 Mbps

Kecepatan transfer data 530 Mbps di atas adalah lima kali lebih cepat daripada MicroSD tercepat saat ini. Sedangkan kecepatan writing nya dua kali lebih cepat dibanding microSD saat ini.

Dengan kemampuan tersebut di atas, maka Samsung mengklaim hal ini secara signifikan akan mengurangi waktu download data multimedia dan waktu clearing buffer pada perangkat DSLR. Universal Flash Storage atau UFS sangat cocok untuk gadget dengan kebutuhan perekaman beresolusi tinggi. Menurut informasi yang ada, Samsung menyediakan UFS dengan kapasitas 32 GB, 64 GB, 126 GB dan 256 GB. Sampai saat ini belum ada informasi mengenai harga dari media penyimpanan data ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *