Tips Untuk Menikmati Masakan Padang Dengan Aman Tanpa Rasa Khawatir

Tips Untuk Menikmati Masakan Padang Dengan Aman Tanpa Rasa Khawatir

Masakan Padang? Siapa yang tak kenal dan tidak suka? Hampir semua orang suka dengan makanan ini.

Namun bagi beberapa penggemar masakan Padang sering timbul rasa khawatir karena kandungan kolesterol yang ada dalam kuliner tersebut.

Untuk menghilangkan rasa khawatir Anda, ikuti tips berikut ini menikmati kuliner Padang dengan aman.

Baca Juga Ini: Anda Ingin Mengurangi Berat Badan? Cobalah Bermain Pokemon GO

Bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi haruslah berhati-hati  ketika menyantap masakan Padang. Orang Minang memiliki tradisi sendiri mengenai hal itu saat menyantap aneka lauk bersantan khas Ranah Minang.

Sumber kolesterol pada masakan Padang tidak hanya terdapat pada santannya, namun juga dari bahannya. Misalnya daging, telur,  serta jeroan seperti usus, otak, dan kikil.

Walaupun demikian, anggapan sebagian orang bahwa lemak dan kolesterol berasal dari bumbunya agaknya keliru. 

Karena menurut Reno Adam Suri, ahli kuliner Minang sekaligus penulis buku ‘Rendang Traveler: Menyingkap Bertuahnya Rendang Minang’, kolesterol pada kuliner Padang asalnya dari daging, bukan santan.

Baca Juga Artikel Ini: Inilah 7 Cara Menguruskan Badan Dengan Pola Hidup Yang Sehat, Cepat Dan Tanpa Menyakitkan

Pada dasarnya minyak kelapa adalah baik. Yang jadi masalah adalah menggunakan minyak kelapa secara berulang-ulang.

Kolesterol akan timbul saat masakan (daging dan santan) dipanaskan berkali-kali. Banyak orang memiliki kebiasaan untuk  memanaskan masakan untuk keesokan harinya. Inilah yang menimbulkan kolesterol.

Sebenarnya, bumbu-bumbu yang terdapat pada masakan Padang merupakan sumber antioksidan yang melawan kolesterol jahat. Misal bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, lengkuas dan juga cabai. Oleh sebab itu orang Minang banyak yang bertahan dengan masakan sehari-hari yang penuh mengandung santan.

Lemak yang terkandung dalam santan jauh lebih sedikit dibanding minyak goreng.

Salah satu tips untuk mengurangi bertambahnya kolesterol saat menyantap masakan Padang adalah dengan minum jus timun atau  atau es timun serut, atau menyantap potongan timun.

Selain minuman di atas, maka minuman lainnya yang memiliki sifat untuk meminimalisir kolesterol dan lemak adalah teh tawar panas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *