Tips: Bagaimana Cara Memastikan Semua Data Di Smartphone Benar-Benar Terhapus Sebelum Dijual?

Tips: Bagaimana Cara Memastikan Semua Data Di Smartphone Benar-Benar Terhapus Sebelum Dijual?

Anda ingin menjual smartphone Anda? Bagaimana cara memastikan semua data di smartphone benar-benar terhapus sebelum dijual agar tidak dapat diambil orang lain?

Saat Anda ingin menjual smartphone, maka tindakan yang mungkin Anda lakukan adalah menghapus semua data yang ada di handset. Untuk ponsel dengan sistem Android maka Anda tentu sudah akrab dengan istilah factory reset.

Setelah melakukan factory reset, maka ponsel akan menghapus seluruh data pada ponsel. Kemudian, mengembalikannya ke dalam ‘setelan pabrik’, sehingga data ponsel lenyap.

Namun beberapa riset menunjukkan bahwa ada sebuah tools recovery yang dapat memulihkan kembali data yang telah dihapus melalui factory reset. Inilah yang menjadi kekhawatiran pengguna smartphone apabila ada orang yang berhasil mendapatkan data penting yang seharusnya telah terhapus.

Hati-hati saat mengunduh aplikasi. Baca artikel ini: Malware Godless: Pengguna Android Harus Berhati-Hati Saat Mengunduh Aplikasi

Untuk memastikan semua data di smartphone benar-benar terhapus sebelum dijual maka lakukan hal berikut ini agar data ponsel Anda benar-benar terhapus atau aman dari tindakan orang lain yang iseng menggunakan tools recovery.

1. Pastikan Anda Mengenkripsi Ponsel Anda

Cara yang paling kuat dan aman adalah dengan mengenkripsi ponsel atau smartphone Anda. Dengan mengenkripsi smartphone Anda maka data Anda akan terkunci sehingga tidak bisa diketahui orang lain. Setelah terenkripsi, maka data tidak akan dapat didekripsi kecuali dengan menggunakan passcode.

Bagaimana caranya?

Kalau Anda menggunakan Android 5.0 Lolipop atau versi yang lebih rendah dan devicenya mendukung enkripsi, maka aktifkan enkripsi dengan cara memilih menu Setting, pilih Security, kemudian Encrypt phone.

2. Langkah berikutnya Lakukan Overwrite Data

Lakukan overwrite atau mengisi lagi memori handset Anda dengan data-data baru. Sehingga dengan melakukan overwrite dapat memastikan untuk benar-benar menghapus file di smartphone. Akan tetapi, Anda disarankan untuk tidak melakukan sign in pada akun Google.

Kemudian isilah memori handset Anda dengan merekam video selama mungkin dan pilihlah jenis video dengan resolusi yang tinggi untuk memastikan data lama Anda yang telah terhapus benar-benar hilang. Setelah itu, lakukan kembali proses factory reset sekali lagi.

3. Pengulangan

Kalau Anda masih merasa kurang yakin jika data di handset Anda benar-benar telah terhapus secara sempurna, maka Anda dapat melakukan tips di atas secara berulang-ulang. Sehingga data di smartphone benar-benar terhapus dan orang lain tidak dapat melakukan pemulihan data.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *