Ternyata Inilah 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Yang Jangan Anda Abaikan

Ternyata Inilah 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Yang Jangan Anda Abaikan

Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Apa saja manfaat lidah buaya lainnya untuk kesehatan manusia?

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

BACA JUGA: Ketahuilah Jika Anda Mengalami Kram Otot Merupakan Salah Satu Tanda Tubuh Kekurangan Kalium

Senyawa antrakuinon yang terdapat dalam lidah buaya bisa menangkal bakteri di dalam tubuh.

Tak hanya itu, ternyata tanaman lidah buaya juga mengandung banyak jenis zat dan senyawa yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan dan untuk kecantikan kulit.

Berikut beberapa manfaat lidah buaya, seperti dilansir laman Greenmedinfo:

1. Skin aging

Aloe vera merupakan obat topikal untuk kulit. Sebuah studi 2009 menemukan bahwa menggunakan lidah buaya bisa mengurangi keriput wajah.

2. Psoriasis

Peneliti Swedia menemukan bahwa krim yang mengandung lidah buaya efektif untuk pengobatan psoriasis.

3. Kanker

Manfaat lidah buaya juga bisa mencegah dan mengobati kanker kulit. Sebuah studi dari University of Belgrade School of Medicine menemukan lidah buaya menghambat proliferasi sel kulit yang menyertai kanker kulit.

Mengobati sel-sel kanker dengan aloe-emodin, konstituen dari lidah buaya secara signifikan menghentikan proses proliferasi.

Ini menegaskan fungsi lidah buaya dalam menghentikan perkembangan pembentukan tumor setelah terkena paparan sinar matahari. Tapi efek kanker tidak hanya terbatas pada kulit saja. Studi juga menunjukkan bahwa lidah buaya bisa membantu mencegah kanker serviks.

Sebuah studi yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of Cancer Prevention menemukan bahwa krim yang mengandung lidah buaya, curcumin, reetha dan amla merupakan terapi yang efektif dan aman untuk pembersihan infeksi human papillomavirus serviks (HPV).

Panduan Cara Sederhana Mudah Mendapatkan Uang Dari Bisnis Dropship Yang Menguntungkan

4. Penyakit periodontal

Kegunaan lidah buaya telah ditemukan efektif bila ditambahkan ke pasta gigi dan obat kumur. Dalam satu penelitian, 15 pasien dengan periodontitis (penyakit radang infeksi pada gusi) menerima suntikan gel lidah buaya di gusi dan di sekitar gigi tertentu.

Semua pasien mengalami perbaikan dalam kondisi periodontal mereka. Menggunakan jus lidah buaya sebagai obat kumur juga mengurangi penumpukan plak pada gigi.

Jus lidah buaya juga efektif mengatasi berbagai masalah gigi lainnya, termasuk radang gusi dan sariawan.

5. Penyakit inflamasi usus

Mengambil gel lidah buaya bisa mengurangi gejala iritasi usus hanya dalam empat minggu.

6. Diabetes

Manfaat lidah buaya juga membantu menurunkan kadar glukosa darah yang lebih rendah. Dalam salah satu penelitian terhadap lima pasien dengan diabetes non-insulin, subyek diberi setengah sendok teh getah kering dari tanaman lidah buaya (gaharu) per hari selama empat sampai 14 minggu.

BACA JUGA: Anda Ingin Tau Apa Saja Rahasia Posisi Bercinta Yang Paling Ampuh Agar Cepat Hamil?

Hasilnya, kadar glukosa darah mereka turun rata-rata 122 poin pada setiap pasien dengan tidak ada perubahan berat badan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa gaharu mengandung agen hipoglikemik yang menurunkan glukosa darah.
Kursus Internet Marketing Terbaik Di Indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *