Sistem Operasi Yun OS Telah Digunakan 70 juta Pengguna. Ancaman Bagi Android dan IOS?

Sistem Operasi Yun OS Telah Digunakan 70 juta Pengguna. Ancaman Bagi Android dan IOS?

Sampai saat ini, sistem operasi Yun OS telah digunakan oleh 70 juta pengguna. Sistem operasi ini merupakan milik perusahaan e-commerce asal China yaitu Alibaba.

Apakah sistem operasi Yun OS ini akan menjadi ancaman bagi sistem operasi raksasa Android dan IOS?

Menurut data yang ada, di bulan Mei lalu, Yun OS bahkan diklaim telah menyalip IOS dalam pengiriman smartphone di Tiongkok pada kuartal pertama.

Sistem operasi Yun OS mengalami pertumbuhan sebesar 700 persen pada 2015 dan merupakan sistem operasi terbanyak ketiga setelah Android dan IOS. Pangsa Yun OS – selama kuartal pertama di 2016 – untuk pengiriman smartphone di China telah mencapai lebih dari 16 persen. Dimana sisanya ditempati oleh IOS.

Apakah itu Nougat? Baca di sini: Google Mengumumkan Nama Resmi Sistem Operasi Terbaru Android N Adalah Nougat

Data bulan Januari dan maret 2016 mencantumkan kalau ada sebanyak 17 juta smartphone yang dikirimkan telah menjalankan sistem operasi Yun OS termasuk dari perangkat domestik termasuk Meizu dan Duowei.

Alibaba sendiri memiliki target untuk berusaha menambah jumlah pengguna Yun OS menjadi 100 juta pada akhir tahun ini.

Seperti diketahui, Yun OS dikembangkan oleh Alibaba berdasarkan pada Android Open Source Project yang kali pertama dirilis pada 2011. Dan untuk mengembangkan penggunaan dari sitem operasinya, Alibaba telah menginvestasikan US$590 juta atau Rp 7,7 trilun dengan mengakuisisi vendor asal Negeri Tirai Bambu Meizu.

Sistem operasi Yun OS bukan hanya dikembangkan untuk smartphone tapi juga dikembangkan ke berbagai perangkat lainnya. Misalnya mulai dari televisi, jam tangan pintar, AC, robot otomatisasi rumah, dan dengan koneksi Internet.

video tutorial bisnis online sb1m

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *