Selain Dikenal Dengan Negara Terpadat Di Dunia, China Juga Pengguna Internet Terbesar di Dunia

China pengguna internet terbesar di dunia.

Sudah tak terbantahkan lagi kalau China adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Negara yang beribukota di Beijing ini bahkan memiliki jumlah penduduk mencapai 1,36 miliyar jiwa. Beberapa kota besar China yang menyumbang jumlah penduduk terbesar di antaranya Shanghai, Beijing hingga Shenzen. Sebagai negara dengan populasi terpadat di dunia, maka China juga bertransformasi menjadi negara yang menampung penduduk online terbanyak dalam skala global. Dan menjadikan China pengguna internet terbesar di dunia.

Walaupun China dikenal sebagai negara yang sangat ketat terhadap penggunaan internet dan media sosial buatan Amerika Serikat dan negara Eropa, namun jumlah penduduk yang sudah terhubung dengan internet sungguh fantastis. Per Juni 2016 jumlahnya telah mencapi lebih dari 700 juta orang, dan angka ini diprediksi akan terus bertumbuh.

BACA JUGA: Senjakala Media Konvensional, 95 Persen Pengguna Internet di Indonesia Membaca Berita dari Smartphone

Badan pemerintah China Internet Network Information Centre (CNNIC) telah mengeluarkan laporan yang diberi tajuk “The 38th Statistical Report on Internet Development in China” pada Rabu 3 Agustus 2016 disebutkan bahwa sebanyak sebanyak 710 juta orang mengakses internet setidaknya sekali dalam jangka enam bulan terakhir.

Menurut Beijing Youth Daily, angka yang dilaporkan oleh CNNIC tersebut meningkat secara drastis sebesar 3.1 persen dari Desember 2015.

Dari data tersebutlah maka China disebut sebagai negara dengan penduduk yang sudah online terbanyak di dunia yang bahkan telah mengalahkan Amerika Serikat.

Hal menarik lain dari isi laporan tersebut adalah masyarakat China memiliki kecenderungan mengakses internet melalui perangkat mobile. dari data yang ada disebutkan sebanyak 656 juta masyarakat China adalah pengguna jaringan internet mobile, dengan persentase setara 92,5 persen dari keseluruhan pengguna internet di Negeri Tirai Bambu itu.

BACA JUGA: Pada Tahun 2020, Setengah Dari Penduduk Dunia Akan Menggunakan Internet Melalui Ponsel

Harus diakui kalau industri teknologi di China bertumbuh sangat pesar. Pada 2015 lalu, total pendapatan bisnis dari 100 perusahaan internet ternama di sana mencapai 756,1 miliar yuan.

Sebut saja raksasa penyedia mesin peramban Baidu, raja e-commerce Alibaba, dan perusahaan internet Tencent menghasilkan pendapatan masif.

Huffington Post menyebutkan kalau pada tahun 2022 atau 2023 yang akan datang maka jumlah pengguna internet di China diprediksi akan mencapai angka sebesar 1 miliar user yang semakin mengokohkan kalau China pengguna internet terbesar di dunia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *