Perhatikan Ginjal Anda, Inilah 10 Jenis Penyakit Yang Dapat Terjadi Akibat Ginjal Rusak

Perhatikan Ginjal Anda, Inilah 10 Jenis Penyakit Yang Dapat Terjadi Akibat Ginjal Rusak

Ginjal adalah salah satu dari organ tubuh manusia yang paling vital bagi tubuh. Letak ginjal ada di sisi kiri dan kanan tulang punggung. Ginjal yang sehat memiliki fungsi membersihkan darah dan mengurangi kelebihan cairan di dalam tubuh, memproduksi vitamin D dalam bentuk aktif, dan memproduksi renim yang merupakan enzim untuk mengatur tekanan darah. Apa yang akan terjadi akibat ginjal rusak?

Sayangnya, banyak orang yang tidak menjaga kesehatan ginjal dengan baik. Akibat ginjal rusak maka akan mengalami penurunan fungsi. Ketika zat-zat yang seharusnya dibersihkan oleh organ tubuh ini, ginjal tak lagi mampu melakukannya.

Akibatnya mulai terjadi penumpukan zat-zat yang tak berguna di dalam tubuh dan menimbulkan gejala awal seperti pembengkakan di bagian tumit, muntah, kurang tidur dan membuat napas jadi pendek.

Penurunan fungsi ginjal ini bisa semakin buruk dan mengakibatkan komplikasi jika Anda tidak menjaganya dan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Terdapat beberapa faktor yang akan memperburuk kesehatan ginjal, seperti sistem kekebalan tubuh yang lemah, usia lanjut (65 tahun keatas), diabetes mellitus, darah tinggi, penyakit jantung, merokok, kegemukan, kolesterol, dan riwayat keturunan penyakit ginjal.

Bosan Jadi Karyawan? Ikuti Suasana Baru Di Kursus Internet Marketing SB1M Community
Saat fungsi ginjal sudah tidak maksimal, maka akan memengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya. Beberapa penyakit yang bisa terjadi akibat ginjal rusak antara lain:

1. Kelebihan cairan di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan pembengkakan di daerah lengan dan kaki, tekanan darah tinggi, atau cairan di paru-paru (pulmonary edema).
2. Kadar kalium dalam darah (hiperkalemia) tinggi, sehingga dapat menyebabkan risiko terjadinya kerusakan fungsi hati.
3. Penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).
4. Tulang rapuh, sehingga menyebabkan terjadinya risiko patah tulang.
5. Anemia.
6. Penurunan fungsi seksualitas, khusus pada pria, kerusakan ginjal bisa menyebabkan impotensi.
7. Gangguan pada sistem saraf pusat yang dapat menyebabkan kesulitan berkonsentrasi hingga perubahan kepribadian.
8. Semakin menurunnya daya tahan tubuh yang membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap serangan bakteri dan virus serta infeksi.
9. Gangguan ginjal juga berpotensi mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin.
10. Kerusakan ginjal yang parah bisa mengakibatkan pengidap sakit ginjal untuk melakukan transplantasi ginjal agar bisa bertahan hidup.

Oleh sebab itu Anda harus menjaga kondisi ginjal Anda sebaik mungkin agar terhindar dari beberapa jenis penyakit di atas.

BACA JUGA:




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *