Perempuan Iran Ramai-Ramai Melakukan Protes Untuk Menolak Fatwa Larangan Bersepeda

Perempuan Iran Ramai-Ramai Melakukan Protes Untuk Menolak Fatwa Larangan Bersepeda

Sejumlah perempuan Iran beramai-ramai mengendarai sepeda melakukan protes terhadap fatwa dari Ayatollah Ali Khamenei yaitu fatwa larangan bersepeda bagi kaum Hawa.

Fatwa yang dikeluarkan Ali Khamenei pada 10 September lalu itu menyebutkan, “Mengendarai sepeda acapkali menarik perhatian kaum pria dan mencerminkan komunitas pada perilaku korupsi, dan bertentangan dengan kesucian kaum perempuan. Oleh karena itu kebiasaan bersepeda harus segera ditinggalkan.”

BACA JUGA: Harold Labutong Siswa Yang Menggunakan Sandalnya Untuk Menghapus Tulisan Yang Salah Dibukunya

Menanggapi fatwa larangan bersepeda hal tersebut, sejumlah kaum hawa mengendarai sepeda di Kota Marivan, Iran utara. Bahkan banyak di antaranya yang merekam mereka tengah bersepeda sambil menutupi wajahnya dengan selendang dan diunggah di Facebook.

Salah satu di antaranya diunggah di halaman bertema ‘Kebebasan yang Tersembunyi’ milik Masih Alinejad, salah seorang jurnalis perempuan Iran yang dikenal kritis.

Sebuah video menampilkan seorang perempuan muda bersama ibunya naik sepeda keliling kota Kish, sebuah pulau kecil di Teluk Persia. Mereka mengaku langsung menyewa sepeda begitu mendengar fatwa Ali Khamenei.

“Bersepeda adalah bagian hidup kami. Bersepeda merupakan hak-hak kami dan kami tidak akan menyerah,” kata perempuan yang tak disebut namanya itu.

Sementara perempuan Iran yang kini tinggal di AS bernama Masih Alinejad mengatakan, “Benar-benar memalukan kaum hawa mendengar fatwa anti-perempuan di abad ke-21 ini.”

Alinejad yang kini tinggal di New York merasa yakin, perlawanan kaum perempuan Iran kali ini membawa hasil. “Saya yakin akan membawa perubahan. Kaum hawa adalah sumber perubahan begitu mereka merasa dipojokkan dari Republik Islam Iran,” tutur Alinejad.

BACA JUGA: Heboh Dan Viral: Pernikahan Remaja 18 Tahun Asal Malaysia Dengan Wanita Berusia 42 Tahun

Meski belum jelas bagaimana fatwa larangan bersepeda itu akan diterapkan, sekelompok perempuan di Kota Marivan dikabarkan ditangkap saat bersepeda, akhir Juli lalu. Mereka ditahan dan diminta agar tidak mengulangi lagi perbuatannya.

Padahal beberapa waktu lalu, sebuah kampanye penggunaan sepeda digalakkan untuk mengurangi polusi udara di beberapa kota Iran, sehingga banyak lelaki maupun perempuan makin sering menggunakan sepeda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort