Mau Tau Tips Membuat Password Yang Sulit Ditebak Dan Gampang Mengingatnya? Ikuti Cara Ini…

Tips Membuat Password Yang Sulit Ditebak Dan Gampang Mengingatnya

Password adalah sistem identifikasi unik dengan kombinasi huruf, angka dan/atau simbol yang digunakan user name (nama pengguna) tertentu untuk mengidentifikasi individu. Bagaimana tips membuat password yang sulit ditebak dan gampang mengingatnya?

Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan email,  blog, media sosial ataupun akun lainnya di internet, maka menggunakan password yang sulit ditebak adalah satu keharusan. Karena jika password Anda bisa ditebak oleh orang lain – entah dengan niat buruk ataupun hanya sekedar  iseng – maka hal itu bisa menjadi malapetaka bagi Anda.

BACA JUGA: Video : Google Meluncurkan Aplikasi Video Call Google Duo Untuk Smartphone Android Dan IOS

Menurut Microsoft, ada 5 kriteria yang menentukan apakah sebuah password tersebut kuat atau lemah, yaitu:

  1. Panjang password: password yang kuat memiliki setidaknya 8 karakter
  2. Password yang sulit ditebak sebaiknya tidak mengandung nama pengguna, nama username atau nama perusahaan tempat Anda bekerja.
  3. Password yang sulit dihack adalah merupakan kumpulan atau kombinasi huruf random dan bukannya sebuah kata.
  4. Jangan gunakan password yang mirip dengan password yang telah Anda gunakan sebelumnya. Dan sebaiknya Anda mengganti password yang Anda gunakan secara rutin
  5. Kriteria password yang terakhir adalah password yang kuat pasti akan mengandung 4 kategori yaitu huruf besar, huruf 

Walaupun demikian, jika password yang Anda miliki sudah memenuhi semua kriteria yang telah disebut di atas, tetap bisa menjadi sebuah password yang lemah. 

Contohnya adalah password Hello2U!

Password di atas masih dianggap lemah sebab mengandung kata ‘Hello’.  Agar password di atas menjadi kuat, Anda dapat menggantinya menjadi ‘H3llo 2 U!”.  Password ini lebih sulit ditebak sebab setidaknya kata yang dibentuk dibuar dengan menggunakan angka sebagai pengganti huruf tertentu dan mengandung spasi.

BACA JUGA: Adblock Plus Siap Berperang Dengan Facebook: Telah Menemukan Cara Untuk Memblokir Iklan Di Facebook

Sebenarnya, ada tips membuat password yang sulit ditebak,  yaitu  dengan cara menekan huruf dan angka di keyboard Anda secara sembarangan.

Contohnya ‘6hj4*3$pn^&)q”/>’. 

Password di atas sepenuhnya random dan merupakan kombinasi dari huruf besar, huruf kecil angka dan simbol, sehingga menjadikannya sebuah password yang sangat kuat. Namun, password tersebut memiliki kelemahan yaitu sangat sulit untuk diingat.

Lalu, apakah ada tips untuk membuat password yang sulit ditebak tapi gampang untuk diingat?

Salah satu caranya adalah dengan membuat akronim dari kalimat yang menggambarkan sesuatu yang penting untuk Anda.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Scan Dokumen Dengan Menggunakan Google Drive Di Smartphone Android

Contohnya adalah kalimat yang ingin Anda gunakan ‘Saya dilahirkan di Jakarta 5 Agustus 1978’. Anda dapat membuat akronim dari kalimat tersebut menjadi password Anda, yaitu ‘SadildiJ5/Agu,78’.

Selain cara di atas, cara lain dengan secara sengaja mengeja sebuah kata dengan cara yang salah dan mengganti huruf tertentu dengan angka. Pastikan Anda ingat ejaan salah yang Anda gunakan. Misalnya, dengan kalimat yang sama seperti di atas, Anda membuat password ‘S4d!l D!J 5878. Tidak usah khawatir, menggunakan spasi di password Anda bukanlah hal yang terlarang untuk dilakukan.

Tips membuat password yang sulit ditebak lainnya adalah dengan didasarkan pada hobi atau olahraga kesukaan Anda. Pastikan Anda tidak hanya mengunakan nama olahraga kesukaan Anda sebagai password, sebab hal tersebut menjadi mudah ditebak. 

Misal ‘Saya senang sepakbola’. Alih-alih menggunakan langsung kalimat tersebut sebagai password, Anda ganti kalimat itu menjadi ‘Sy$3n4ng$ep@kB()la’.

BACA JUGA: Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Noda Foundation Pada Pakaian Putih. Gunakan Bahan Ini…

Kalau Anda tidak yakin dapat mengingat password yang rumit, Anda bisa menuliskan password tersebut di sebuah kertas dan simpan di tempat yang aman.

Sebaiknya tidak mencatat password Anda sebagai password. Sehingga dengan begitu, kalau ada orang yang melihat password Anda, orang tersebut tidak akan sadar kalau kata-kata tersebut adalah sebuah password.

Semoga tips membuat password yang sulit ditebak di atas dapat bermanfaat.

Banner 300 - Jangan salahkan laptop 1

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *