Mau Tau Apa Saja 5 Jenis Makanan Yang Dapat Membantu Menurunkan Hipertensi? Yuuk Dibaca…

Mau Tau Apa Saja 5 Jenis Makanan Yang Dapat Membantu Menurunkan Hipertensi? Yuuk Dibaca...

Hipertensi atau yang dikenal kebanyakan orang dengan nama penyakit tekanan darah tinggi merupakan penyakit di mana cairan darah dalam tubuh menekan dinding arteri dengan sangat kuat hingga sampai menyebabkan masalah kesehatan pada manusia seperti terserang penyakit jantung hingga stroke. Apakah ada jenis makanan yang dapat membantu menurunkan hipertensi?

Tinggi rendahnya tekanan darah ditentukan oleh jumlah darah yang dipompa jantung serta jumlah resistensi aliran darah pada arteri. Tekanan darah dikatakan meningkat jika darah yang dipompa jantung dalam jumlah yang banyak sehingga menyebabkan arteri mengalami tekanan. Selain itu, usia juga menjadi salah satu faktor yang memicu timbulnya penyakit hipertensi.

TEKANAN darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang saat ini paling umum ditemui. Hipertensi yakni suatu kondisi medis kronis yang terjadi ketika arteri mendapatkan tekanan di atas dari normal.

BACA JUGA: Berhati-hatilah!!! Biji Apel Mengandung Racun Sianida, Apakah Makan Biji Apel Dapat Sebabkan Keracunan Sianida?

Biasanya tekanan darah ini diukur dengan alat ukur tensi yang menunjukkan hasil nilai tekanan sistolik dan diastolik.

Seseorang bisa dikatakan mengalami tekanan darah tinggi jika tekanan yang terbaca pada tensimeter menunjukkan nilai angka di atas 140/90 mmHg secara terus-menerus.

Ada banyak penyebab yang bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang satu ini, mulai dari stres, faktor genetik, asupan garam berlebih, obesitas, gaya hidup, kurangnya aktivitas fisik, penyakit ginjal dan lain-lain.

Jika Anda mengidap hipertensi maka ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, yaitu:

dewaweb memang dewanya web

1. Lemon

Lemon membantu menurunkan tekanan hipertensi karena dikenal membuat pembuluh darah menjadi lembut dan fleksibel, serta membantu menurunkan tekanan darah. Jus lemon dikenal menurunkan tingkat trigliserida, dengan demikian bermanfaat bagi individu yang menderita hipertensi. Jus lemon juga menurunkan kolesterol.

2. Watermelon seeds

Watermelon seeds mengandung senyawa yang disebut cucurbocitrin yang membantu memperluas kapiler darah. Pada saat yang sama, juga membantu meningkatkan fungsi ginjal. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi tingkat tekanan darah dan membantu mereka dengan arthritis juga.

3. Bawang putih

Bawang putih cukup ajaib, baik mentah atau dimasak. Mereka mampu mengurangi kadar kolesterol. Bawang putih membantu menenangkan pembuluh darah dengan merangsang produksi oksida nitrat dan hidrogen sulfida.

4. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang bisa dikonsumsi oleh orang dengan tekanan darah tinggi. Pisang merupakan sumber kaya kalium yang mengurangi efek natrium.

BACA JUGA: Waspadalah! Ternyata Gula Cair Lebih Berbahaya Dibandingkan Gula Pasir

5. Seledri

Jenis makanan ke lima yang dapat menurunkan hipertensi adalah seledri. Tingkat tinggi dari fitokimia 3-N-butylphthalide yang hadir dalam seledri membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Phthalates membantu mengendurkan otot-otot di dalam dan di sekitar dinding arteri, sehingga menciptakan lebih banyak ruang dan memungkinkan darah mengalir tanpa kesulitan.

Pada waktu bersamaan juga bisa membantu mengurangi hormon stres yang menyempitkan pembuluh darah yang memberikan kontribusi pada tekanan darah tinggi.

Kursus Internet Marketing Terbaik Di Indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort