Manakah Yang Benar, Makan Buah Itu Sebelum Atau Sesudah Makan?

Manakah Yang Benar, Makan Buah Itu Sebelum Atau Sesudah Makan?

Menurut Anda, mana yang benar, makan buah itu sebelum atau sesudah makan?

Kebiasaan umum yang lazim dilakukan oleh banyak orang adalah setelah diawali dengan menu utama, maka akan diakhir dengan makan buah. Tapi, ada juga sebagian orang akan makan buah terlebih dahulu, baru makan menu utama.

Dari dua kebiasaan ini, manakah yang benar?

Sebetulnya tidak ada patokan yang pasti kapan waktu makan buah, apakah sebelum makan atau sesudah makan. Yang terpenting adalah makan buah dilakukan di saat yang tepat, entah itu saat pagi, siang, atau malam hari. Artinya ketika buah sudah dikupas, dipotong, dan siap disajikan sebaiknya segera dikonsumsi agar kandungan-kandungan nutrisi baik dalam buah dapat optimal bagi tubuh.

Kalau buah yang sudah dikupas dan kemudian didiamkan atau disimpan dalam lemari pendingin atau kulkas, maka dapat mengakibatkan kandungan nutrisinya akan hilang. Hal ini karena disebabkan buah tersebut sudah terpapar oleh sinar matahari, angin, atau panas.

Namun, jika Anda sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan maka dapat mengkonsumsi buah sebelum makan.  Kandungan serat dari buah mampu menahan nafsu makan yang muncul karena masih dalam kondisi kenyang. Namun, jika ingin gemuk atau tidak masalah dengan berat badan dapat mengonsumsi buah setelah makan.

Baca juga: Makan Biasa Saja Olahraga Cukup Tapi Badan Tetap Gemuk Dan Berat Badan Naik. Kenapa?

Bagi beberapa orang seperti misalnya penderita maag maka disarankan untuk sebaiknya tidak makan buah yang rasanya asam sebelum makan, contohnya nanas. Namun, jika perut telah dalam kondisi terisi, maka dapat mengkonsumsinya. Begitu juga halnya dalam pengolahan.

Ada beberapa cara pengolahan yang digunakan untuk mengonsumsi buah, yaitu langsung dimakan, diblender, atau dijus. Dari ketiganya tentu yang lebih baik adalah langsung dimakan alias tanpa pengolahan apapun karena kita mendapat segala kandungan nutrisinya dengan utuh.

Kalau buah tersebut diblender, maka kandungan serat dan vitamin masih bisa didapatkan walaupun sudah tidak utuh. Kalau dijus, kandungan seratnya akan hilang dan hanya mendapat cairan dan vitamin. 

Padahal, kita ketahui serat yang terdapat dalam buah mempunyai banyak manfaat, misalnya untuk memperlancar saluran pencernaan, membantu mengikat lemak, dan membantu mengikat gula.

Jadi, tidak ada masalah apakah Anda makan buah sebelum atau sesudah makan, yang penting konsumsilah buah dalam jumlah yang dianjurkan dan saat yang tepat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *