Manakah Posisi Tidur Yang Lebih Sehat? Tidur Menghadap Ke Kiri Atau Menghadap Ke Kanan?

Manakah Posisi Tidur Yang Lebih Sehat? Tidur Menghadap Kiri Atau Menghadap Kanan?

Masalah tidur bisa dibilang bukan sesuatu hal yang dapat dipandang remeh. Banyak orang yang mengalami masalah dengan kesehatannya saat mereka mulai mengalami kesulitan tidur. Harus diakui bahwa perkembangan teknologi di satu sisi memberikan kemudahan dan kenyaman bagi manusia namun juga berkontribusi dalam menurunkan kualitas tidur dan kesehatan. Dari sisi ilmiah, manakah posisi tidur yang lebih sehat? Menghadap kiri atau kanan?

Menurunnya kualitas tidur seseorang dapat disebabkan oleh beberapa hal misalnya tingginya tingkat konsumsi bahan olahan dan kurangnya aktivitas fisik turut memberikan peran.

Data yang dikutip laman Wittyfeed menyebutkan, 20-40 persen orang dewasa di Amerika Serikat menderita insomnia sepanjang tahun. Diperkirakan, secara keseluruhan ada 70 juta warga AS yang menderita gangguan tidur.

Statistik tesebut mampu menggambarkan bagaimana mereka yang menderita gangguan tidur harus berjuang ekstra “hanya” demi bisa beristirahat. Sehubungan dengan masalah tidur, ternyata disebutkan bahwa tidur menghadap ke kiri memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dibandingkan dengan menghadap ke kanan.

Alasan mengapa posisi tidur yang lebih sehat adalah menghadap ke kiri adalah sebagai berikut:

1. Mencegah penyakit maag

Tidur menghadap sisi kiri bisa mengurangi gejala maag ataupun keluhan lambung lainnya. Hal itu terutama terjadi saat seseorang baru mengonsumsi makanan pedas atau asam.

Dengan berbaring ke arah kiri, gaya gravitasi memaksa asam lambung masuk ke dalam lobang perut dan tidak membalikkannya ke arah kerongkongan.

Sementara risiko itu yang mungkin terjadi jika Anda tidur menghadap ke sisi kanan.

BACA JUGA: Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Mengurangi Karbohidrat

2. Mendengkur

Anda juga bisa mencoba tidur di sisi kiri untuk mendapatkan kelegaan dan lepas dari problem mendengkur atau ngorok. Sebab, posisi ke kiri membuka jalan napas dengan menjaga otot lidah dan tenggorokan berada pada posisi netral.

Sebaliknya, tidur telentang mendorong otot-otot ini ke bagian belakang tenggorokan hingga menyebabkan suara mendengkur saat Anda berusaha bernapas.

Cara Mendapatkan Uang Dari Bisnis Online Dengan Belajar Di Kursus Internet Marketing Terbaik Di Indonesia
3. Pencernaan

Berbaring ke sisi kiri juga disebut bisa memperbaiki masalah pencernaan dengan mengurangi beban bada bagian liver. Kondisi tersebut pada gilirannya bakal merangsang aliran empedu dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

4. Membersihkan getah bening

John Douillard, praktisi ayurveda (ilmu kesehatan India), menjelaskan, sisi kiri tubuh adalah sisi limfatik yang dominan. Dia mengatakan, mayoritas cairan getah bening tubuh mengalir ke saluran toraks yang terletak di sisi kiri.

Dengan demikian, Douillard meyakini tidur ke sisi kiri merangsang pembuangan racun dari kelenjar getah bening.

BACA JUGA: Ketahuilah 5 Faktor Penyebab Kanker Serviks Agar Anda Terhindar Dari Penyakit Ini

5. Meningkatkan kesehatan otak

Periset juga menemukan bahwa tidur ke sisi kiri akan membantu otak menyaring “limbah” dan bahkan dapat membantu mencegah ganguan kesehatan tertentu. Disebutkan, kondisi serius seperti alzheimer bisa dicegah hanya dengan tidur menghadap ke arah kiri.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Posisi tidur yang lebih sehat dengan menghada ke kiri juga dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah sepanjang malam. Sebab, tidur di sisi kiri akan menekan vena cava (pembuluh darah terbesar di tubuh) yang terletak di sisi kanan tubuh sehingga memasok darah lebih banyak ke sisi jantung.

Sementara wanita hamil sering juga disarankan untuk tidur di sisi kiri karena secara signifikan posisi itu meningkatkan aliran darah ke jantung, janin, rahim, dan ginjal.

BACA JUGA: Apakah Benar Telur Ayam Kampung Lebih Bergizi Dibanding Telur Ayam Negeri? Temukan Faktanya Di Sini

7. Pembuangan limbah

Sampah usus kecil terbuang melalui katup ileocecal (ICV) di sisi kanan tubuh ke ujung usus besar. Usus besar bergerak ke sisi kanan perut melintasi perut dan membuang sampah ke kolon di sisi kiri.

Kolon adalah bagian usus antara usus buntu dan rektum. Fungsi utama organ ini adalah menyerap air dari feses.

Tidur di sisi kiri memungkinkan gravitasi untuk mendorong makanan berpindah lebih mudah dari usus kecil ke usus besar melalui ICV. Sepanjang malam saat Anda terus tidur menghadap ke kiri, limbah di dalam perut akan bergerak lebih mudah ke kolon.

Dengan bantuan gravitasi dan tidur nyenyak di sisi kiri, kolon terisi penuh, dan Anda akan membuangnya dengan tuntas di pagi hari.




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort