Makan Biasa Saja Olahraga Cukup Tapi Badan Tetap Gemuk Dan Berat Badan Naik. Kenapa?

Makan Biasa Saja Olahraga Cukup Tapi Badan Tetap Gemuk Dan Berat Badan Naik. Kenapa?

Apakah Anda mengalami hal seperti ini? Anda merasa makan Anda biasa saja dan berolahraga cukup tapi badan tetap gemuk dan berat badan naik?

Hal di atas bisa saja terjadi. Tapi kenapa?

Menurut Lisa Neff, MD, Assistant Professor of Medicine-Endocrinology pada Feinberg School of Medicine, Northwestern University, Evanston, Illinois, Amerika Serikat, hal tersebut bisa saja terjadi – berat badan tetap naik – dikarenakan beberapa faktor, diantaranya:

Baca Juga Artikel Ini: Hati-Hati! Memasak Menggunakan Aluminium Foil Dapat Memicu Penyakit Osteoporosis

1. Kondisi stres berkepanjangan

Saat kondisi seperti ini, ada sebagian orang yang justru menambah porsi makan tanpa sengaja. Kondisi emosi yang tidak stabil membuat mereka makan banyak dan yang pasti tidak sehat.

2. Problem tidur

Orang dengan kondisi kurang tidur cenderung makan “seenaknya” dan tanpa kendali.

3. Konsumsi obat anti nyeri

Obat anti nyeri biasanya membuat penderita banyak tidur dan kurang aktif bergerak. Akibatnya kalori masuk dan keluar menjadi tidak seimbang. Tidak heran, tubuh menjadi gemuk.

Baca Juga: Sssst…Ingin Langsing? Hindari Konsumsi Susu Setelah Jam 9 Malam. Apa Lagi?

4. Cushing’s Syndrome

Ini adalah kondisi dimana terjadi kelebihan hormon kortisol sehingga terjadi gangguan endokorin. Orang yang mengalami sindrom ini biasanya punya perut besar, wajah membulat namun bagian tubuh lain tetap normal. Berat badan juga mendadak naik. Kasus ini terhitung jarang terjadi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *