Kapankah Waktu Yang Tepat Menyikat Gigi Setelah Makan Sahur Agar Terhindar Dari Bau Mulut?

Kapankah Waktu Yang Tepat Menyikat Gigi Setelah Makan Sahur Agar Terhindar Dari Bau Mulut

Waktu Yang Tepat Menyikat Gigi Setelah Makan Sahur

Adakah waktu yang tepat menyikat gigi setelah makan sahur? Tentu menyikat  gigi setelah makan sahur wajib hukumnya untuk menjaga bau mulut tak muncul seharian. Lantas setelah makan sahur, kapan baiknya sikat gigi dilakukan?

Menurut Prof Dr drg Melanie S Djamil, M.Biomed. dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, waktu yang tepat menyikat gigi setelah makan sahur adalah sekitar 15-20 menit setelah makan.

Alasannya agar jika ada sisa makanan yang menempel dapat dibersihkan. Kalau gosok gigi dilakukan beberapa jam setelah sahur maka sisa makanan yang ada dapat merusak gigi dan menyebabkan nafas yang kurang sedap, Selain itu dengan adanya jeda 15-20 menit sikat gigi setelah makan sahur dapat membantu kelancaran sistem pernapasan.

Ditambahkan oleh Prof Melanie, jika hal di atas dilakukan maka memberi kesempatan makanan di rongga mulut hingga masuk ke dalam lambung agar tidak terlalu bekerja keras.

Baca juga artikel ini: Beginilah Cara Artis Zaskia Sungkar Menghilangkan Bau Mulut Di Saat Puasa Agar Tetap Percaya Diri

Kenapa setelah sikat gigi dilakukan bau mulut tidak sepenuhnya hilang? Hal ini dikarenakan orang seringkali terlambat membersihkan gigi. Padahal dua menit setelah makanan berkarbohidrat dikunyah akan merubah mulut menjadi asam.

Dan jika setelah makan 30 menit dan dibiarkan tanpa diselingi minum atau berkumur, maka makanan tadi dapat menjadi plak gigi. Selain itu ada faktor lain yaitu menggosok gigi dengan seadanya yang mengakibatkan masih ada makanan yang tertinggal.

Sisa makanan yang tertinggal dan tidak dibersihkan ini lah yang lama kelamaan dapat menjadi plad dan menyebabkan bau mulut.

Untuk itu agar mencegah bau mulut yang berlebihan selama puasa, pilihlah jenis makanan yang tepat saat sahur. Disarankan untuk mengurangi jenis makanan yang manis. Karena makana yang manis dapat mempercepat mulut menjadi asam. Hindari juga jenis makanan yang memiliki aroma keras seperti petai.

Cara lain atau ‘resep’ lain yang disarankan adalah dengan memanfaatkan saat berwudhu untuk berkumur. Sehingga dapat menetralisir keasaman dalam mulut. Sedangkan penggunaan obat kumur hanya bersifat membantu, sebab yang utama adalah menyikat gigi diwaktu yang tepat setelah makan sahur dengan tuntas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *