Jangan Takut Donor Darah. Ketahuilah Tujuh Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Anda

Jangan Takut Donor Darah. Ketahuilah Tujuh Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Anda

Anda sudah sering melakukan donor darah? Atau malah belum pernah sama sekali? Donor darah tak hanya berbicara tentang hal mulia karena telah membantu orang lain yang membutuhkannya. Tapi, di balik itu semua terdapat banyak manfaat donor darah bagi yang mendonorkan darahnya.

Dari sudut medis tindakan menyumbang darah merupakan kebiasaan baik bagi kesehatan pendonor. Salah satunya, dengan berdonor darah secara teratur berarti kita melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur pula.

BACA JUGA: Hiiii! Inilah Lima Penyakit Jika Anda Jarang Ganti Celana Dalam

Berikut ini setidaknya ada tujuh manfaat donor darah bagi kesehatan.

1. Membantu menurunkan risiko kanker

Rutin mendonorkan darah, dapat menjada kadar zat besi dalam tubuh. Seperti diketahui, kelebihan zat besi bisa meningkatkan risiko kanker. Untuk itu, penurunan zat besi dalam tubuh bisa membantu menurunkan risiko kanker.

2. Menurunkan risiko kerusakan hati dan pankreas

Kandungan zat besi yang berlebihan dalam tubuh juga bisa meningkatkan risiko kerusakan pankreas dan hati. Dengan donor darah, bisa mengurangi kelebihan zat besi yang pada akhirnya turut membantu mengurangi risiko kerusakan hati dan pankreas.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Masih terkait dengan kadar zat besi, dengan donor darah juga bisa mengurangi risiko masalah penyakit jantung, termasuk gangguan irama jantung.

Panduan Lengkap Ebook Tutorial Step by Step Bagaimana Membuat Blog Secara Expert

4. Menurunkan berat badan

Donor darah secara rutin membantu membakar kalori ekstra dalam tubuh sehingga bisa menurunkan berat badan. Sangat bermanfaat mencegah obesitas dan masalah penyakit terkait kegemukan.

5. Melancarkan aliran darah

Manfaat donor darah berikutnya adalah sirkulasi darah akan lebih baik ke seluruh tubuh jika rutin menyumbangkan darah. Pada akhirnya, bisa membantu mencegah penyumbatan arteri dan kerusakan pembuluh darah.

6. Merangsang produksi sel darah baru

Donor darah secara rutin juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan karena dengan menyumbangkan darah dapat merangsang produksi sel-sel darah baru.

7. Manfaat psikologis

Tak hanya manfaat secara fisik, donor darah akan memberikan kepuasan secara psikologis karena muncul rasa senang jika darah yang disumbangkan dapat menyelamatkan hidup seseorang.

Selain ke tujuh manfaat donor darah di atas, maka ada manfaat lain yaitu Anda mendapatkan mini check up. Sebab donor darah pasti diawali dengan serangkaian tes dari ahli medis. Tes itu meliputi pengukuran denyut nadi, tekanan darah, hingga tingkat hemoglobin. Kemudian hasilnya akan dikirim ke lab untuk memeriksa apakah kita memiliki penyakit menular atau tidak.

BACA JUGA: Video Menyeramkan!!! Di Hidung Bocah Ini Ditemukan Seekor Lintah Yang Sudah Bersarang Di Sana Selama Sebulan

Nah, hasil inilah yang dapat memberikan gambaran pada kesehatan kita. Tapi, bila kita merasa memiliki penyakit menular, sebaiknya hindarilah untuk mendonorkan darah.

Cara Dapat Tips Internet Gratis Dan Daftar Free Member SB1M

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *