Jangan Abaikan Penyakit Maag Anda, Sebab Maag Dapat Menyebabkan Kematian

Jangan Abaikan Penyakit Maag Anda, Sebab Maag Dapat Menyebabkan Kematian

Menurut dr. Asep Saepul Rohmat, SpPD, dokter spesialis penyakit dalam, maag adalah penyakit yang menyerang lambung karena terjadinya luka atau peradangan pada lambung. Luka atau peradangan tersebut biasanya disertai rasa sakit, mulas, dan perih pada perut. Apakah sakit maag dapat menyebabkan kematian?

Sakit maag pada dasarnya terjadi karena terlalu banyak atau tingginya kadar asam di dalam lambung yang disebabkan kebiasaan makan yang tidak teratur dan makan dalam porsi yang terlalu banyak ketika telat makan.

Karena dianggap sebagai penyakit ringan, banyak yang mengabaikan gejala penyakit ini. Akibatnya, sakit maag yang dulunya hanya berupa maag akut yang gejala sakitnya hanya berlangsung selama 1-2 hari, perlahan-lahan mulai berubah menjadi sakit maag kronis.

Jika sudah mencapai tahap ini, maka Anda harus berhati-hati. Pasalnya, maag kronis yang terus diabaikan dan tidak kunjung diperiksakan ke dokter ternyata maag dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan begitu mengalami gejala sakit maag.

Live Webinar SB1M Seumur Hidup

Penyakit maag akut bisa memicu terjadinya maag kronis jika tidak kunjung diperiksakan ke dokter, kedua fase ini memiliki gejala yang hampir sama, antara lain mual, muntah, nyeri perut, nyeri dada, sering sendawa, sering merasa lapar, perut terasa kembung dan sakit saat buang air besar.

Sakit maag yang menyebabkan timbulnya rasa sakit saat buang air besar (BAB) tersebut terjadi karena penyakit maag juga bisa berasal dari liver, jantung, ginjal, empedu, pankreas dan bagian tubuh lainnya di sekitar lambung.

Meskipun memiliki gejala yang hampir sama, akan tetapi lama berlangsungnya gejala dari sakit maag akut dan kronis tersebut ternyata sangat berbeda. Pada maag akut, gejala sakit maag yang terasa dapat berlangsung sekitar 1-2 hari.

Sedangkan maag kronis biasanya berlangsung selama kurang lebih dua minggu.

Bagi penderita maag kronis yang tetap mengabaikan gejala penyakit maag-nya selama dua minggu lebih, maka bisa menyebabkan kematian.

Pasalnya, gejala maag kronis yang dibiarkan tanpa penanganan tersebut akan memicu terjadinya pendarahan di lambung, terjadinya kebocoran di organ usus, ataupun memicu terjadinya penyakit kurang darah yang dapat menyebabkan komplikasi ke penyakit lain seperti anemia. Jangan abaikan maag sebab maag dapat menyebabkan kematian.

BACA JUGA:




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *