Inilah Gejala Dan Tanda-Tanda Dini Penyakit Hepatitis B Dan C Yang Patut Anda Waspadai

Gejala Dan Tanda-Tanda Dini Penyakit Hepatitis B Dan C

Gejala dan tanda-tanda dini penyakit hepatitis B dan C – Penyakit hepatitis yang terdiri dari Hepatitis A, B, C, D dan E, sudah menjadi masalah kesehatan masyarakat tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Penularan Hepatitis A dan E biasanya secara fecal oral dan banyak berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Jenis hepatitis ini sering muncul sebagai kejadian luar biasa dan bersifat akut serta dapat sembuh dengan baik.

Sedangkan Hepatitis B, C dan D (jarang) ditularkan secara parenteral, dapat menjadi kronis dan menimbulkan cirrhosis dan lalu kanker hati.

Jumlah orang yang telah terinfeksi oleh virus hepatitis B ada sekitar 2 milyar orang di dunia. Dari jumlah itu, sekitar 240 juta diantaranya menjadi pengidap hepatitis B kronik.

BACA JUGA: Apa Saja Faktor Penyebab Serangan Jantung Pada Usia Muda. Salah Satunya…

Sedangkan untuk penderita Hepatitis C di dunia diperkirakan sebesar 170 juta orang. Sebanyak 1,5 juta penduduk dunia meninggal setiap tahunnya karena Hepatitis.

Walaupun saat ini sudah ada vaksin untuk hepatitis dan juga metoda terapi pengobatannya sudah semakin canggih, tapi virus hepatitis masih menjadi virus yang paling mematikan di dunia. Hal ini disebabkan karena seringnya pasien terlambat untuk mendapatkan pengobatan.

Hepatitis terjadi karena adanya peradangan sel-sel hati yang diakibatkan oleh infeksi virus, bakteri, atau parasit. Selain itu faktor lain misalnya obat-obatan, konsumsi alkohol, lemak berlebihan, dan penyakit autoimun dapat menyebabkan timbulnya hepatitis.

Cara penularan hepatitis B yang terbanyak di Indonesia adalah secara vertikal dari ibu hamil yang positif menderita hepatitis ke janin yang dikandungnya. Bayi yang terinfeksi dari ibunya akan hidup dengan virus itu dalam tubuhnya seumur hidup.

Kunci pengobatan hepatitis B dan C adalah melakukan pemeriksaan dini. Karena semakin cepat terdeteksi, dapat mengurangi faktor risiko penyakitnya berkembang menjadi kronis dan yang dapat berlanjut pada pengerasan hati, bahkan kanker hari.

BACA JUGA: Berhati-hatilah, Kebiasaan Konsumsi Daging Merah Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Gagal Ginjal

Berikut ini adalah gejala dan tanda-tanda dini penyakit Hepatitis B dan C:

– Demam
– Nyeri otot dan persendian
– Kelelahan
– Mual
– Kehilangan selera makan
– Muntah
– Nyeri perut

Selain gejala dan tanda-tanda dini penyakit hepatitis B dan C di atas, Anda juga harus mewaspadai bila kulit dan bagian putih mata Anda tampak kekuningan. Serta adanya perubaha warna tinja yang menjadi abu-abu dan kaki mulai bengkak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort