Inilah Beberapa Tips Sehat Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Sederhana

 

Inilah Beberapa Tips Sehat Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Sederhana

Pada intinya menjadi penderita diabetes adalah semua hal tentang menjaga kadar gula darah kita. Lonjakan kadar gula darah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi penderita diabetes itu sendiri. Oleh karena itu perawatan terpenting bagi penderita diabetes adalah menurunkan kadar gula darah dan menjaga kadar gula darah agar tetap rendah.

Berikut ini tips sehat menurunkan kadar gula darah:

1. Jangan melewatkan makan

Setiap kali melewatkan waktu makan atau membuat tubuh kelaparan, maka ini akan mendorong kadar gula darah lebih tinggi. Bila tidak makan selama beberapa jam saja, bahan bakar tubuh dari glukosa yang dilepaskan dari hati.

Nah, jika Anda seorang penderita diabetes, terutama tipe 2, hati tidak bisa menilai apakah darah Anda sudah memiliki cukup glukosa dan terus mengalir banyak. Ini menyebabkan lonjakan berat pada kadar gula darah. Oleh karena itu dianjurkan agar penderita diabetes tidak melewatkan makan, khususnya sarapan agar menurunkan kadar gula darah.

2. Pilih roti dengan bijaksana

Roti memiliki indeks glikemik yang tinggi, berarti makan roti putih dapat meningkatkan gula darah. Roti putih mengandung karbohdirat kompleks yang memperlambat penyerapan glukosa dan juga mengurangi kenaikan insulin.

Pilih roti sehat sebagai gantinya seperti gandum atau multigrain karena mengandung lebih banyak serat dan protein yang membuat kenyang lebih lama.

Live Webinar SB1M Seumur Hidup
3. Gunakan kayu manis

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi kayu manis kadar gula darahnya sekiar 18 – 29 persen tergantung pada berapa banyak kayu manis yang mereka konsumsi.

Oleh karena itu tambahkan rempah-rempah ini untuk campuran kopi, teh, sereal, atau yoghurt yang Anda konsumsi. Tidak hanya menurunkan kadar gula darah, tetapi juga menambah rasa pada makanan Anda.

4. Cukup tidur

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa kurang tidur dapat berpengaruh pada kadar gula darah dan insulin Anda. Karena itu tidurlah secara teratur setidaknya 8 jam setiap malam.

5. Makan lebih banyak kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan adalah makanan tinggi serat dan memakan waktu lebih lama untuk dicerna, itu berarti dibutuhkan waktu lebih lama untuk melepaskan glukosa.

Kacang-kacangan juga merupakan sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal yang tidak meningkatkan kadar gula darah. Penelitian menyatakan bahwa kedua makanan ini dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

Semoga tips sehat menurunkan kadar gula darah di atas bermanfaat bagi Anda.

BACA JUGA:




sumber: intisarionline

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *