Inilah 7 Tips Sederhana Dan Jitu Agar Aman Menggunakan WiFi Publik Dan Terhindar Dari Incaran Hacker

Inilah 7 Tips Sederhana Dan Jitu Agar Aman Menggunakan WiFi Publik Dan Terhindar Dari Incaran Hacker

Pasti Anda semua sudah pernah atau sering menggunakan WiFi publik dengan berbagai alasan. Misalnya tidak tersedianya jaringan internet seluler, ingin mendapatkan akses internet yang cepat hingga dengan alasan untuk menghemat kouta data. Lalu bagaimana cara yang aman menggunakan WiFi publik supaya tidak dimata-matai oleh para hacker?

Di satu sisi menggunakan fasilitas WiFi publik yang ada di bandara, hotel sampai kafe bisa dikatakan menguntungkan namun di sisi lain Anda harus mengetahui bahwa ada ancaman yang sering diabaikan oleh banyak orang.

BACA JUGA: Kuota Internet Anda Sering Habis? Mau Tau Cara Menghemat Kuota Internet Di Perangkat Android?

Pada saat Anda menggunakan WiFi publik untuk keperluan mengirim email, dokumen atau masuk ke akun-akun media sosial melalui ponsel, banyak data yang ada di ponsel Anda yang sangat berharga dan privasi. Jika ponsel Anda terhubung ke WiFi publik maka ada kemungkinan data atau informasi yang ada di ponsel Anda dicuri oleh para hacker.

Berikut ini adalah 7 tips sederhana dan jitu dari Norton melalui Security Advocate, Consumer Business Unit, Symantec, Nick Savvides agar aman menggunakan WiFi publik.

1. Pada saat menggunakan WiFi publik pastikan Anda tidak pernah meninggalkan laptop dan telepon genggam Anda tanpa pengawasan, walaupun untuk waktu yang sebentar.

2. Aturlah settingan jaringan wireless di perangkat Anda agar tidak terhubung secara otomatis dengan jaringan terdekat. Lebih baik diatur untuk memilih jaringan hotspot dengan cara manual.

3. Agar terhindar dari incaran hacker pastikan jaringan hotspot yang akan Anda akses adalah legal. Tanyalah kepada pemilik jaringan (host) agar mendapatkan konfirmasi nama jaringan dan proses koneksinya.

Panduan Lengkap Ebook Tutorial Step by Step Bagaimana Membuat Blog Secara Expert

4. Saat menggunakan jaringan WiFi publik, jangan lupa untuk mematikan fitur berbagi file/file sharing. Jangan terlalu banyak menyimpan data pribadi yang sensitif di dalam laptop atau smartphone. Untuk menonaktifkan fitur file sharing bisa dilakukan melalui pengaturan jaringan pada sistem operasi perangkat Anda.

5. Hindari menggunakan atau melakukan transaksi perbankan melalui jaringan WiFi publik.

BACA JUGA: Cara Gampang Agar Media Penyimpanan Smartphone Android Tidak Cepat Penuh

6. Jangan browsing atau berselancar atau masuk ke situs-situs yang Anda rasa asing atau mencurigakan. Tinggalkan dan jangan pernah masuk ke dalamnya.

7. Cara aman menggunakan WiFi publik berikutnya adalah selalu  cek kondisi perangkat Anda saat memanfaatkan fasilitas hotspot. Sebab sering terjadi tanpa Anda sadari perangkat Anda terinfeksi malware yang dikendalikan oleh para hacker sebab Anda menggunakan jaringan yangs ama melalui WiFi publik.

Cara Dapat Tips Internet Gratis Dan Daftar Free Member SB1M

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *