Inilah 7 Jenis Makanan Yang Mampu Mengatasi Rambut Rontok Secara Ampuh. Diantaranya…

Inilah 7 Jenis Makanan Yang Mampu Mengatasi Rambut Rontok Secara Ampuh. Diantaranya...

7 Jenis makanan yang mampu mengatasi rambut rontok – Rambut adalah mahkota wanita. Namun saat ini bisa dikatakan kalau rambut tidak saja menjadi mahkota untuk wanita, kaum pria juga sangat memperhatikan penampilan mereka termasuk model dan trend rambut masa kini. Bahkan tidak sedikit para pria jaman sekarang yang tidak malu lagi untuk masuk ke salon hanya untuk melakukan perawatan rambut mereka.

Meskipun sepele, tetapi rambut rontok dapat mengakibatkan rasa percaya diri menurun, apalagi jika itu menyerang pada wanita. Biasanya seseorang akan mengalami kerontokan sekitar 100 helai rambut per harinya. Kondisi semacam itu normal terjadi, sebab rambut mengalami tiga fase yakni pertumbuhan, istirahat, dan kerontokan.

BACA JUGA: Tips Untuk Menikmati Masakan Padang Dengan Aman Tanpa Rasa Khawatir

Pola kerontokan rambut pada pria dikenal dalam dunia medis dengan ‘alopesia androgenetik’. Kerontokan ini terjadi karena akar rambut yang telalu peka terhadap salah satu jenis hormon testosteron yakni dihidrotestosteron (DHT). Tingginya DHT dalam tubuh mengakibatkan helai rambut menjadi tipis, sehingga sangat mudah rontok.

Sedangkan untuk pola kerontokan rambut pada wanita biasanya hanya akan menipis di bagian atas kepala saja. Penyebab rambut rontok pada wanita umumnya terkait dengan perubahan hormon seperti saat menopause, masa kehamilan, dan penggunaan alat kontrasepsi.

Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya karena kekurangan vitamin, stres, gangguan autoimun, diabetes hingga kurang tidur. Rambut rontok jika dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan kebotakan. Tentu hal ini sangat dihindari kaum wanita dan juga pria.

Berikut ini adalah 7 jenis makanan yang dipercaya dapat mengatasi rambut rontok, diantaranya:

1. Bayam

Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengalami kerontokan rambut memiliki zat besi dan kadar vitamin D2 yang sangat rendah. Zat besi dalam bayam mampu mengatasi kerontokan rambut. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi.

2. Ikan salmon

Rambut adalah serat protein, sama seperti kuku. Itu berarti Anda perlu mengonsumsi banyak protein untuk menumbuhkan jaringan rambut baru dan tetap mempertahankan yang kuat. Protein juga bisa membantu memproduksi keratin, struktur komponen terpenting dari rambut. Ikan salmon telah terbukti memiliki banyak manfaat karena mengandung asam lemak omega 3 tinggi dan vitamin.

3. Kacang dan biji-bijian

Berdasarkan penelitian Journal of Cosmetic Dermatology, asam lemak omega 3 yang terdapat di kacang-kacangan dan biji-bijian bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Cobalah makan kacang-kacangan dan biji-bijian tinggi omega 3 dan omega 6 seperti kenari, biji rami, dan minyak dari biji anggur, bunga matahari atau wijen.

4. Madu

Madu dapat memperbaiki rambut yang mulai menipis. Dalam sebuah penelitian mengamati pasien yang mengalami dermatitis seboroik, yang meliputi gatal, ketombe dan rambut rontok. Pasien yang memakai madu sebanyak 90 persen dan air sebanyak 10 persen ke kulit kepala setiap hari dilaporkan mengalami peningkatan dalam mengatasi rambut rontok.

5. Tiram

Seng merupakan nutrisi terbaik untuk mencegah dan mengobati kerontokan rambut. Mengonsumsi makanan yang mengandung seng dapat memperlambat kerontokan rambut. Menurut National Institutes of Health, tiram mengandung lebih banyak seng dibanding makanan lain. Selain tiram, sumber makanan yang juga mengandung seng seperti kenari, bayam, telur, biji bunga matahari, kacang hijau, gandum, oatmeal dan buncis.

BACA JUGA: Awas!!! Saat Nonton TV Jangan Kebanyakan Duduk Karena Jumlah Sperma Bisa Menurun

6. Minyak kelapa dan rosemary

Saat menggunakan minyak kelapa sebelum keramas ataupun setelah keramas, minyak kelapa terbukti dapat melindungi rambut yang kehilangan protein. Sedangkan minyak rosemary bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi gatal di kulit kepala.

7. Rumput laut

Penelitian terbaru menemukan bahwa suplemen yang mengandung cistanche tubulosa dan laminaria japonica (rumput laut cokelat) bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut kembali rambut rontok. Rumput laut juga bisa digunakan untuk menambah volume rambut dan menebalkan rambut. Suplemen rumput laut juga efektif mengobati peradangan kulit kepala dan ketombe.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *