Inilah 7 Fakta Menarik Mengenai Urine Yang Patut Anda Ketahui

Inilah 7 Fakta Menarik Mengenai Urine Yang Patut Anda Ketahui

7 fakta menarik mengenai urine – Urine atau air seni atau air kencing adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Eksreksi urin diperlukan untuk membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang disaring oleh ginjal dan untuk menjaga homeostasis cairan tubuh.

Umunya urine adalah cairan berwarna kuning pucat yang merupakan produk sampingan dari limbah metabolisme dihasilkan tubuh. Urin terakumulasi dalam ginjal dan memasuki kandung kemih untuk segera dikeluarkan oleh tubuh.

BACA JUGA: Cara Alami Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi Di Dalam Darah. Gunakan Bahan Ini…

Setiap orang membuang urinnya setiap hari. Tapi mungkin tak banyak yang tahu fakta mengejutkan di balik urin yang dihasilkan tubuh. Salah satunya, urin dapat mendeteksi adanya gangguan yang dialami tubuh.

Orang yang memiliki gangguan pada ginjal, mungkin ia akan kesulitan dalam mengeluarkan urin karena organ yang diciptakan sepasang itu mengalami kerusakan. Selain itu, ada beberapa fakta menarik mengenai urine yang harus Anda tahu, seperti dilansir Boldsky.

Fakta Menarik Urine No 1:

Tubuh manusia memproduksi sekitar 2-2,5 liter urine per hari, bahkan jika Anda tidak mengonsumsi lebih dari 2 liter air. Urine juga bisa berasal dari limbah makanan mengandung air yang terakumulasi dalam tubuh Anda juga!

Fakta Menarik Urine No 2:

Membuang urine keluar dari tubuh dianggap sebagai salah satu cara alami untuk mendetoks racun dari tubuh Anda. Oleh karena itu, jangan tunda jika tubuh memberi sinyal untuk buang air kecil.

Fakta Menarik No 3:

Paruresis adalah gangguan kecemasan sosial, di mana seseorang tidak dapat buang air kecil di toilet umum, atau di hadapan orang lain, meski kamar mandi memiliki pintu yang tertutup.

Fakta Menarik Mengenai Urine No 4:

Pada kasus langka, ada beberapa orang yang bisa kehilangan kesadaran usai buang air kecil. Penyebab pasti dari gangguan ini tak diketahui, namun ahli mengaitkannya dengan penurunan tekanan darah saat buang air kecil.

Fakta Menarik No 5:

Kencing terlalu sering, misalnya lebih dari beberapa kali dalam satu jam bisa menjadi tanda adanya gangguan tertentu dalam tubuh seperti diabetes, masalah pada kandung kemih, infeksi kandung kemih, dan lainnya.

Fakta Menarik No 6:

Retensi urine akut adalah kondisi medis yang serius, dimana seseorang tidak dapat buang air sama sekali. Kondisi ini memerlukan penanganan dokter sesegera mungkin.

BACA JUGA: Awas!!! Pop Corn Adalah Salah Satu Jenis Makanan Pemicu Radang Usus Buntu

Fakta Menarik Mengenai Urine No 7:

Jika Anda melihat adanya busa pada urine Anda, jangan anggap remeh. Kondisi tersebut bisa menjadi indikasi adanya gangguan ginjal. Segera konsultasikan pada dokter.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *