Inilah 7 Cara Gampang Mencegah Nafas Bau Saat Puasa Di Bulan Ramadan

Inilah 7 Cara Gampang Mencegah Nafas Bau Saat Puasa Di Bulan Ramadan

Selama bulan suci Ramadan, persoalan napas bau kerap menjadi persoalan tersendiri bagi mereka yang berpuasa. Makanan yang kita makan saat sahur memiliki dampak yang sangat besar pada nafas kita dan juga jumlah air yang kita konsumsi setelah berbuka puasa. Bagaimana cara gampang mencegah nafas bau selama berpuasa?

Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab bau mulut sehingga membutuhkan banyak air setelah berbuka puasa. Tak cukup Anda mengandalkan makan makanan karbohidrat, kurang makan buah dan sayuran segar juga salah satu penyebab bau nafas saat berpuasa.

Berikut beberapa tip atau cara gampang mencegah nafas bau dan membuat nafas Anda segar walau sedang berpuasa di bulan Ramadan dilansir dari laman boldsky.

1. Sahur dengan makanan sehat

Saat makan sahur sertakan buah dan sayuran segar dalam menu makanan Anda. Buah dan sayuran akan membantu menyegarkan nafas Anda saat puasa. Bahkan, keduanya juga akan membersihkan gigi Anda secara alami saat mengeluarkan plak dari gigi Anda.

2. Bilas mulut Anda dengan baking soda

Cobalah campur di dalam air, baking soda dan lemon. Cara membuat: 1/4 cangkir baking soda ditambah dengan dua sendok makan jus lemon dan sedikit garam. Ini akan membunuh bakteri di mulut Anda yang menyebabkan bau.

3. Berkumur dengan rebusan air cengkih

Rebus sedikit cengkih dalam segelas air dan biarkan dingin. Berkumurlah setelah makan. Anda juga bisa membilas mulut Anda dengan rebusan air ini sepanjang hari tapi pastikan tidak tertelan.

4. Hindari bawang

Bau bawang, baik putih maupun merah akan tetap ada sepanjang hari walaupun Anda telah menyikat gigi dan membilas mulut Anda. Karena Anda tidak bisa makan apa pun di siang hari untuk menutupi bau mulut jadi hindari memakan bawang mentah dan bawang putih selama bulan Ramadan.




5. Hindari Keju

Makan keju ketika sahur juga bisa mengakibatkan bau mulut di siang hari. Jika Anda benar-benar ingin memakannya maka setelah makan keju, irislah potongan lemon kecil dengan garam. Ini akan membunuh bakteri di mulut Anda yang menyebabkan bau mulut setelah makan keju.

6. Minum banyak air saat sahur

Jika Anda mengalami dehidrasi maka ini bisa menyebabkan bau mulut. Jadi Anda perlu minum banyak air setelah berbuka puasa. Sebanyak tiga liter air yang direkomendasikan dalam sehari tidak bisa kita lakukan saat berbuka. Jadi, tetaplah minum air putih bukan kopi atau susu.

7. Sikat gigi tanpa pasta

Cara gampang mencegah nafas bau saat berpuasa adalah di siang hari Anda bisa menyikat gigi tanpa pasta jika Anda takut pasta itu akan tertelan. Penyikatan sederhana akan menghilangkan plak dari gigi yang menyebabkan bau mulut. Sebaiknya sikat gigi Anda dengan baik untuk mencegah bau mulut di siang hari.

BACA JUGA:

Cara Mendapatkan Income Dari Bisnis Online Di Internet Marketing SB1M

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *