Inilah 6 Cara Yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan Saat di Bulan Puasa

Cara tepat menurunkan berat bada di bulan puasa

Cara tepat menurunkan berat bada di bulan puasa

Bulan puasa banyak dimanfaatkan oleh orang sebagai momen untuk menurunkan berat badan. Walaupun demikian hal ini tentu bukan menjadi pekerjaan yang gampang.

Sebabnya, walaupun konsumsi makanan saat puasa dibatasi, tapi godaan menu saat berbuka puasa tetap tidak tertahankan. Sehingga yang sering terjadi niat menurunkan berat badan jadi berhenti. 

Setelah buka puasa sampai sebelum waktu imsak, orang malah cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan dan memilih makanan hanya untuk memuaskan hasrat laparnya.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menurunkan berat badan di bulan puasa ini?

1. Menu Sahur
Sebaiknya menu sahur jangan yang terlalu pedas dan berminyak. Pastikan menu sahur seimbang dan sehat. Disarankan untuk konsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan, dan daging tanpa lemak.

2. Jangan lewatkan waktu sahur
Waktu sahur sangat penting. Jangan lewatkan. Karena sahur adalah asupan pertama dalam hari tersebut, maka Anda perlu mengonsumsi menu yang baik agar di siang hari tetap segar dan berenergi. 

3. Pastikan cukup cairan
Setelah berbuka puasa dan sebelum imsak, konsumsilah banyak cairan, baik itu dari air mineral maupun jus buah. Cairan sangat penting agar metabolisme tubuh pun berjalan dengan baik. Seperti diketahui, metabolisme yang baik ini penting untuk menurunkan berat badan!

4. Protein dan Serat
Saat berbuka puasa, konsumlah makanan yang kaya protein dan serat. Pasalnya, kandungan protein, lemak baik, dan serat yang cukup, bisa membat proses metabolisme tubuh membaik sehingga saat tidur kalori yang terbakar akan lebih banyak.

5. Tetap beraktivitas
Sangat wajar kalau di bulan puasa Anda gampang lelah. Namun, jangan ini menjadi alasan Anda untuk melewatkan jadwal olahraga. Tidak usah olah raga yang berat. Cukup olahraga yang ringan misalnya jalan kaki, sit up, dan lainnya. Berolahraga di bulan puasa bisa menjadi cara menurunkan berat badan yang efektif.

6. Perhatikan Konsumsi Gula
Betul bahwa Ramadan sangat identik dengan hidangan manis. Sebut saja kolak, kue Lebaran, sirup yang menyegarkan, dan lainnya. Tapi jika Anda memang berniat untuk menurunkan berat badan saat di bulan puasa, pilihlah rasa manis dari buah-buahan, kurma, atau jus tanpa gula.

>>> dari 105 kg turun menjadi 82 kg <<<

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *