Inilah 5 Penyebab Kanker Yang Bikin Anda Kaget Dan Harus Anda Hindari

Inilah 5 Penyebab Kanker Yang Bikin Anda Kaget Dan Harus Anda Hindari

Apa penyebab kanker? Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang semakin banyak diderita oleh masyarakat di negara berkembang dan termasuk salah satu penyakit kritis. Sebelum terjadi, Anda sebaiknya mencegahnya sejak dini. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menghindari penyebabnya.

Berikut ini adalah 5 penyebab kanker yang dapat Anda jadikan referensi sehingga terhindar dari kanker:

1. Konsumsi gula berlebih

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Texas MD Anderson Cancer Center, menyatakan bahwa konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan pertumbuhan tumor. Pada beberapa jenis kanker padat, tumor merupakan asal muasal terjadinya kanker. Berdasarkan saran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dalam satu hari maksimal konsumsi gula hanya sebanyak empat sendok makan.

BACA JUGA: Mengapa Penyakit Kanker Lebih Banyak Dialami Masyarakat Miskin? Alasannya…

2. Konsumsi minuman panas

Penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Cancer, menemukan bahwa konsumsi minuman panas dapat meningkatkan kanker kerongkongan. Hal tersebut lantaran suhu yang panas dapat mengiritasi kerongkongan. Iritasi yang terjadi berkepanjangan dapat berkembang menjadi kanker.

3. Konsumsi daging olahan

Daging olahan merupakan produk daging yang mengandung banyak garam dan pengawet. Hal tersebut bersifat karsinogen atau penyebab kanker bagi tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh International Agency for Research on Cancer, menemukan bahwa konsumsi daging olahan dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kolorektal.

4. Bekerja di malam hari

Meski perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, beberapa penelitian terdahulu menemukan kaitan antara bekerja shift malam dengan risiko kanker. Bekerja di malam hari dapat menurunkan daya tahan tubuh dan memicu terjadinya peradangan. Hal tersebutlah yang dapat membuat kanker semakin mudah untuk berkembang.

BACA JUGA: Biaya Pengobatan Penyakit Kritis Yang Bikin Anda Jatuh Miskin

5. Konsumsi suplemen berlebih

Sesuatu yang baik bila dilakukan berlebihan, dapat menyebabkan kerugian. Termasuk pada suplemen, khususnya suplemen diet. Penelitian yang dilakukan oleh the University of Colorado Cancer Center menemukan bahwa konsumsi suplemen tanpa resep dokter secara berlebihan, bisa menjadi penyebab kanker dan meningkatkan risiko kanker.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort