Inilah 5 Manfaat Coklat Hitam Untuk Kesehatan Tubuh Anda. Salah Satunya…

Inilah 5 Manfaat Coklat Hitam Untuk Kesehatan Tubuh Anda.

Apa sih yang membedakan coklat hitam dan coklat-coklat jenis lainnya misalnya coklat susu? Dan apa saja manfaat coklat hitam bagi kesehatan tubuh kita?

Berbeda dengan produk olahan coklat pada umumnya, coklat hitam biasanya tidak dicampur dengan susu, memiliki warna yang lebih pekat dan rasa yang lebih pahit. Sejauh ini istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan coklat yang 60% kandungannya terdiri dari biji pohon kakao sehingga bisa dikatakan lebih alami. Inilah yang membedakannya dengan coklat-coklat jenis lain sehingga di samping perbedaan tampilan dan rasa, coklat hitam juga memiliki kandungan flavaoids (antioksidan) melimpah di dalamnya.

BACA JUGA: Penting !!! Ada 6 Efek Berbahaya Jika Anda Tidur Terlalu Lama. Apa Saja?

Coklat hitam atau dark chocolate yang dibuat dari biji pohon kakao, mengandung salah satu sumber terbaik antioksidan. Selain itu, coklat hitam juga banyak mengandung serat larut, potasium, mangan, zinc, selenium, copper, magnesium dan zat besi.

Warna coklat hitam lebih tua atau gelap, serta rasanya yang sedikit ada rasa pahit cokelat yang khas memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah 5 manfaat coklat hitam untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Bagus untuk kesehatan jantung

Studi telah menunjukkan bahwa makan sejumlah kecil cokelat hitam, yaitu hanya dua atau tiga kali setiap minggu bisa membantu menurunkan tekanan darah. Dark chocolate berkhasiat meningkatkan aliran darah, dan membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Makan coklat hitam juga bisa mencegah arteriosclerosis (pengerasan pembuluh darah).

2. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Makan dark chocolate akan meningkatkan aliran darah ke otak serta jantung, sehingga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Cokelat yang berwarna gelap ini juga membantu mengurangi risiko stroke.

Dark chocolate mengandung beberapa senyawa kimia yang menghasilkan efek positif pada mood dan kesehatan kognitif. Phenylethylamine (PEA) adalah salah satu senyawa kimia dari cokelat yang sama dengan yang ada diotak akan menciptakan rasa kasih sayang. Senyawa ini mendorong otak untuk melepaskan endorfin, sehingga makan produk coklat jenis ini akan membuat Anda merasa lebih bahagia. Dark chocolate juga mengandung kafein, namun kadarnya lebih sedikit daripada kopi.

3. Membantu mengontrol gula darah

Dark chocolate membantu menjaga pembuluh darah sehat, sehingga sirkulasi darah Anda tidak terganggu agar terlindungi dari diabetes tipe 2. Flavonoid yang ditemukan dalam cokelat gelap ini juga membantu mengurangi resistensi insulin, dengan membantu sel-sel berfungsi secara normal dan mengembalikan kemampuannya untuk menggunakan insulin tubuh Anda secara efisien. Dark chocolate termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah, yang artinya tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tinggi.

4. Kaya akan antioksidan

Antioksidan berguna untuk membantu membebaskan tubuh dari radikal bebas, yang merupakan penyebab utama kerusakan oksidatif pada sel. Radikal bebas juga ikut andil dalam proses penuaan dan dapat menjadi penyebab penyakit kanker. Jadi makan makanan yang kaya akan antioksidan seperti dark chocolate akan melindungi Anda dari berbagai jenis kanker dan bisa memperlambat tanda-tanda penuaan.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Meningkatkan Libido Suami Anda? Ikuti 5 Cara Berikut Ini…

5. Mengandung tinggi vitamin dan mineral

Dari hasil studi yang telah dilakukan, maka dengan mengkonsumsi sejumlah kecil coklat hitam, dua atau tiga kali setiap minggu terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah. Khasiat dari coklat hitam adalah meningkatkan aliran darah, dan membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Selain itu manfaat coklat hitam lainnya adalah mencegah arteriosclerosis (pengerasan pembuluh darah).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *