Inilah 5 Cara Mudah Untuk Mengatasi Eksim dan Gatal-gatal Pada Kulit

Cara Mudah Untuk Mengatasi Eksim dan Gatal-gatal Pada Kulit

5 cara mudah untuk mengatasi eksim dan gatal-gatal pada kulit – Apakah saat ini kulit Anda ada yang kering, memerah, atau gatal-gatal? Kalau iya, ada kemungkinan Anda terserang eksim. Apa itu eksim? Eksim adalah jenis penyakit yang terjadi pada bagian tubuh kulit manusia yang penyebabnya sangat beraneka ragam. Ada yang disebabkan karena ulah kita sendiri dan ada juga karena faktor lain.

Penyakit eksim dapat dibagi menjadi dua yaitu eksim kering dan eksim basah.

Penyakit eksim kering memiliki tanda-tanda kulit kering, seperti bersisik, menimbulkan rasa gatal-gatal dan kulit akan terasa kasar. Sedangkan eksim basah, ciri-cirinya adalah kulit akan mengeluarkan cairan yang membuat kulit basah. Di antara dua jenis eksim ini makan yang lebih gampang terkena infeksi adalah eksim basah.

Siapa saja yang bisa terkena penyakit eksim?

Penyakit eksim dapat terjadi pada siapa saja, tidak mengenal batasan jenis kelamin, usia atau umur sekalipun.

BACA JUGA: Inilah Lima Faktor Penyebab Vagina Gatal Yang Perlu Anda Ketahui

Penyakit eksim juga seringkali dihubungkan dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Selain itu dapat bisa juag dikaitkan dengan masalah pencernaan akibat adanya faktor salah makan yang mengakibatan kuman atau racun terserap ke dalam aliran darah.

Bagaimana cara mengatasi eksim dan gatal-gatal pada kulit?

Untungnya, ada beberapa cara mudah yang bisa membantu masalah kulit yang mengganggu ini. Berikut ini adalah tips untuk memperbaiki masalah pencernaan dan gejala eksim menurut terapis nutrisi Claire Bairnes.

1. Singkirkan makanan bermasalah

Anda harus mempelajari makanan apa saja yang dapat menimbulkan gejala eksim. Beberapa jenis makanan dapat menjadi pemicu eksimi seperti makanan yang mengandung susu, telur, kacang tanah, ikan, kedelai, gandum, sitrus, dan cokelat.

2. Ganti makanan yang salah

Gantilah makanan yang bisa menyebabkan peradangan kulit, seperti makanan dengan sumber hewan dan mengandung lemak omega-6 yang tinggi, dengan ikan dan yang mengandung lemak omega-3, seperti salmon, makerel, dan sardin. Tambahkan makanan anti-peradangan dalam menu, seperti kayu manis, jahe, kunyit, dan bawang putih.

3. Perbaiki mutu makanan

Tambahkan biji rami dan ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang bisa memperbaiki kesehatan kulit dan mengurangi peradangan. Tambahkan beberapa tetes minyak biji rami dalam air untuk mandi dan gosokkan beberapa kali pada kulit untuk memberi kelembaban dan memperbaiki struktur kulit.

BACA JUGA: Inilah 4 Jenis Penyakit Yang Menyebabkan Wanita Mengalami Kesulitan Untuk Hamil

4. Perbaiki keseimbangan

Perbanyaklah latihan yoga atau olah pikiran lain. Kurangi stres. Selain itu Anda juga harus mengurangi stres pada kulit dengan cara mengganti bahan-bahan kebersihan rumah dan kecantikan dengan produk yang alami dan organik.

5. Konsumsi makanan hasil fermentasi

Tidak selalu bakteri itu bersifat jahat. Pada makanan yang difermentasi, bakterinya justru baik untuk kulit dan dapat mengurangi peradangan serta mencegag gejala eksim pada orang dewasa. Konsumsilah lebih banyak makanan hasil fermentasi karena jenis makanan ini bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Semoga 5 tips untuk mengatasi eksim dan gatal-gatal pada kulit di atas dapat bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *