Inilah 4 Ciri-Ciri Dan Gejala Asam Urat Yang Tidak Diduga Yang Patut Anda Hindarkan

Inilah 4 Ciri-Ciri Dan Gejala Asam Urat Yang Tidak Diduga Yang Patut Anda Hindarkan

Apa saja gejala asam urat dan ciri-ciri yang tidak diduga yang dapat membuat kambuh penyakit ini? Asam urat adalah asam yang berbentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin (bentuk turunan nukleoprotein), yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. 

Jadi asam urat merupakan hasil metabolisme di dalam tubuh, yang kadarnya tidak boleh berlebih. Setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuh, karena pada setiap metabolisme normal dihasilkan asam urat.

Rasa nyeri dan bengkaknya kaki akibat asam urat dalam kadar yang tinggi bukan sesuatu yang awam bagi penderita penyakit ini. Penyebab utama dari nyeri akibat asam urat adalah saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak purin, seperti alkohol, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.

Purin dari makanan tersebut akan diubah menjadi kristal asam urat, yang dapat mengendap pada persendian. Paling sering, kristal asam urat ini menumpuk pada persendian jari kaki besar.

BACA JUGA: Apakah Minum Kopi Dapat Menambah Umur Lebih Panjang?

Ternyata, tidak hanya makanan tinggi purin yang dapat menyebabkan nyeri asam urat. Ada beberapa obat-obatan maupun kondisi fisik yang juga dapat memicu menumpuknya purin dalam tubuh dan memicu nyeri asam urat.

Berikut ini adalah beberapa penyebab serangan nyeri asam urat yang tak disangka.

1. Aspirin

Sering digunakan sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit kepala dan meredakan peradangan, ternyata aspirin dapat menjadi penyebab gejala asam urat yang tidak diduga dan meningkatkan asam urat dalam darah. Terlalu sering mengonsumsi aspirin berdosis tinggi dapat memicu nyeri asam urat.

Namun penderita penyakit jantung yang diresepkan aspirin rendah, tetap dianjurkan untuk mengonsumsinya. Lebih disarankan untuk memilih diet yang rendah purin ketimbang berhenti konsumsi aspirin.

2. Dehidrasi

Mengalami dehidrasi memiliki banyak pengaruh buruk terhadap kesehatan, dan nyeri asam urat adalah salah satunya. Kekurangan cairan tubuh akan meningkatkan konsentrasi asam urat dalam darah. Mereka yang rentan terhadap serangan nyeri asam urat akan lebih cepat merasa nyeri di kaki saat mereka mengalami dehidrasi. Disarankan untuk minum paling sedikit delapan gelas air (2 liter) tiap hari untuk mengurangi risiko dehidrasi dan asam urat.

Tips Dan Rahasia Sukses Agar Dapat Diterima Kerja

3. Diuretik

Diuretik adalah obat penurun tekanan darah yang bekerja dengan mengeluarkan semua garam dan air dalam tubuh. Ternyata obat ini sekaligus menghambat ke luarnya asam urat dalam tubuh, sehingga dapat menumpuk dan sebabkan nyeri asam urat. Untuk mencegah terjadinya penumpukan asam urat disarankan untuk mengonsumsi obat Lopurin atau Uloric bersamaan dengan minum diuretik.

BACA JUGA: Gunakan 7 Cara Mengatasi Bau Kaki Ini Agar Anda Tetap Nyaman Dan Terhindar Dari Hal Yang Memalukan

4. Kegemukan

Mengurangi konsumsi makanan penyebab asam urat masih kurang untuk mencegah serangan asam urat. Bila BMI (Body Mass Index) Anda menunjukkan bahwa Anda kegemukan atau obesitas, maka risiko Anda menderita asam urat lebih tinggi. Tubuh pada orang yang kegemukan akan menghasilkan asam urat lebih banyak. Tubuh yang gemuk juga sulit untuk mengeluarkan asam urat dengan sempurna.

Agar kadar asam urat Anda tidak meningkat, sebaiknya Anda menghindar dari penyebab gejala asam urat yang tidak diduga di atas. Semoga bermanfaat.

Cara Daftar Sebagai Free Member SB1M Kursus Bisnis Online Terpercaya Di Indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort