Inilah 3 Tahap Gejala Penyakit Alzheimer Yang Patut Anda Perhatikan

Inilah 3 Tahap Gejala Penyakit Alzheimer Yang Patut Anda Perhatikan

Alzheimer merupakan sejenis sindrom dimana sel-sel saraf diotak mati sehingga kinerja pengiriman sinyal di dalam otak makin terganggu. Anda mungkin mengira penurunan daya ingat adalah hal biasa yang disebabkan oleh bertambahnya usia. Namun ketika gejala penyakit Alzheimer memasuki tahapan lebih lanjut, kondisi ini bisa berdampak signifikan bagi penderitanya. Pada kebanyakan orang dengan penyakit Alzheimer, gejala pertama muncul di pertengahan usia 60-an.

Penyakit Alzheimer ini dinamai oleh Dr Alois Alzheimer. Pada tahun 1906, Dr Alzheimer melihat perubahan dalam jaringan otak dari seorang wanita yang telah meninggal karena penyakit mental yang tidak biasa. Gejala yang dialaminya termasuk kehilangan memori, masalah bahasa, dan perilaku tak terduga. Setelah dia meninggal, Dr Alzheimer memeriksa otaknya dan menemukan banyak gumpalan abnormal (sekarang disebut plak amiloid) dan bundel serat kusut (sekarang disebut neurofibrillary, atau tau, kusut).

Berikut ini adalah gejala penyakit Alzheimer yang dapat dibagi menjadi tiga tahap yaitu:

Tahap Awal

Pada tahapan awal orang yang mengalami gejala penyakit alzheimer akan lupa nama benda atau tempat, lupa dengan peristiwa yang baru saja terjadi, suka tersesat dan salah menaruh barang. Selanjutnya orang tersebut akan sering mengulang pertanyaan yang sama, enggan melakukan hal baru, sulit membuat keputusan dan jadi mudah berburuk sangka.




Tahap Menengah

Ditingkatan selanjutnya gejala alkzheimer akan sulit mengingat nama teman atau kerabat. Disorientasi serta rasa bingung yang meningkat, sulit berkomunikasi, sering gelisah, merasa frustasi cemas serta depresi. Dan akan berperilaku impulsif repetitif atau obsesif.

Tahap Akhir

Ditahap ketiga, orang dengan alzheimer akan mengalami penurunan daya ingat yang parah, tidak mampu berkomunikasi dengan orang lain, tidak mampu tersenyum, halusinasi serta delusi yang parah. Lebih parahnya orang dengan alzheimer tidak mempedulikan kebersihan diri sendiri, dan tidak dapat bergerak tanpa dibantu orang lain.

Untuk itu hilangkanlah pemikiran yang mengatakan bahwa alzheimer adalah penyakit yang lumrah terjadi pada orang yang lanjut usia. Karena sebenarnya penyakit ini dapat dicegah dan diperlukan penanganan yang tepat untuk mengobatinya. Semoga informasi singkat mengenai tahap gejala penyakit alzheimer di atas dapat bermanfaat.

BACA JUGA:

Cara Dapat Tips Internet Gratis Dan Daftar Free Member SB1M

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort