Ingin Sperma Tetap Sehat? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Untuk Menjaga Kualitas Sperma Anda Tetap Sehat

Ingin Sperma Tetap Sehat? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Untuk Menjaga Kualitas Sperma Anda Tetap Sehat

Sperma atau spermatozoa berasal dari bahasa Yunani kuno : σπέρμα yang berarti benih, dan ζῷον yang berarti makhluk hidup, adalah sel yang dihasilkan dari sistem reproduksi laki-laki. Sperma berbentuk seperti kecebong, dan terbagi menjadi 3 bagian yaitu : kepala, leher dan ekor. Pada pria dewasa normal, mereka mampu menghasilkan sel sperma secara terus menerus, walaupun kualitas dan kuantitasnya makin menurun dengan bertambahnya usia. Bagaimana cara menjaga agar sperma tetap sehat?

Menjaga kesehatan organ intim tidak hanya wajib dilakukan oleh kaum hawa. Sebagai penghasil sperma, lelaki juga harus menjaga kesehatan organ reproduksinya.

BACA JUGA: ((( WOW ))) Dokter Di Tiongkok Berhasil Menumbuhkan Telinga Baru Di Lengan Manusia

Untuk menjaga kesehatan sperma, ada beberapa kebiasaan yang harus Anda lakukan dan hindari. Sperma sehat akan memudahkan Anda mendapatkan keturunan dan melanggengkan hubungan Anda dan pasangan.

Menurut penelitian yang dilansir dari netdoctor.co.uk dan medicalnews.com disebutkan bahwa tanda seorang pria memiliki jumlah dan kualitas sperma yang nomal dan sehat apabila :

  1. Air sperma pria yang sehat dan berkualiatas adalah berwarna putih atau abu-abu, acapkali berwarna kekuningan dan ini masih normal. Apabila semen atau cairan sperma berwarna merah muda atau merah itu tandanya ada masalah yang tidak beres dengan alat reproduksi semen tersebut dan harus sesegera mungkin dibawa kedokter ahli kandungan.
  2. Saat Anda berejakulasi, maka air mani atau sperma harus terasa lengket seperti jelly. Apabila kurang lengket bahkan cenderung encer, maka kemungkinan juga menjadi salah satu dari penyebab kesuburan pria.
  3. Cairan sperma pria dewasa volume normalnya saat ejakulasi adalah 2-5 ml atau sekitar 1, 1-2 sendok makan. Apabila cairan sperma laki-laki kurang dari 1,5 ml maka inilah yang disebut hypospermia yang membuat ejakulasi menjadi kering. Namun apabila cairan semen sperma lebih dari 6 ml secara terus-menerus maka kondisinya disebut hyperspermia.
  4. Dengan menggunakan mikroskop khusus, maka dapat diketahui bila kondisi sperma laki-laki dalam keadaan bagus dalam setiap 1 ml air mani seharusnya ditemukan 20 juta sperma .
    Daeri total yang diketahui jumlah sperma tersebut, 25 persennya harus bisa berenang dengan cepat menuju sel telur. Serta 30 persen serma yang ada harus berbentuk normal.

Seperti dilansir laman Times of India, berikut ini adalah 6 kebiasaan yang bisa menjaga sperma tetap sehat:

1. Perbanyak konsumsi asam folat

Penelitian menyebutkan bahwa laki-laki yang tidak mengonsumsi asam folat yang cukup mengalami gangguan pada sperma. Itu sebabnya anggapan bahwa asam folat hanya diperuntukkan bagi ibu hamil harus diluruskan. Asam folat banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau.

2. Hindari konsumsi makanan cepat saji

Konsumsi makanan cepat saji atau olahan dapat mempengaruhi kesehatan sperma. Pada gilirannya hal ini dapat membuat kesuburan lelaki terganggu.

3. Memperbanyak konsumsi jamur

Jamur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya, senyawa anti inflamasi yang terkandung didalamnya berperan mencegah peradangan. Hal ini juga turut menghalau gangguan pada vitalitas lelaki.

4. Berhenti merokok

Merokok tak hanya mengganggu kesehatan fisik. Kesuburan sperma juga menurun jika Anda menjalani kebiasaan merokok. Jadi jika tak ingin kesuburan Anda terganggu, berhenti merokok mulai dari sekarang.

5. Jauhi stres

Hal-hal yang dapat memicu stres turut berpengaruh pada kesehatan sperma. Oleh karena itu Anda harus menghindari hal-hal yang dapat memicu stres jika ingin sperma tetap sehat.

BACA JUGA: ((( WOW ))) Menakjubkan !!! Berbagai Macam Penyakit Dapat Diobati Dengan Daun, Kulit, Buah, Akar, Bunga Dan Biji Sirsak

6. Olahraga

Melakukan olahraga secara rutin berperan penting dalam menjaga sperma tetap sehat. Oleh sebab itu, pastikan Anda melakukan olahraga selama 150 menit dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat ini.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk menjaga sperma tetap sehat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort