Ikuti Tips 5 Cara Mencegah Pengeroposan Tulang Ini Agar Terhindar Dari Tulang Keropos Saat Usia Muda

Ikuti Tips 5 Cara Mencegah Pengeroposan Tulang Ini Agar Terhindar Dari Tulang Keropos Saat Usia Muda

Kalau dulu pengeroposan tulang atau osteoporosis lebih sering terjadi pada kaum lanjut usia. Namun saat ini mereka yang usianya masih muda dan produktif juga sudah terkena osteoporosis. Bagaimana cara mencegah pengeroposan tulang pada usia muda?

Ada banyak hal yang mendasari mengapa pengeroposan tulang dapat terjadi pada usia muda, salah satunya adalah penerapan gaya hidup yang tidak sehat serta lemahnya pengawasan akan pola makan yang baik.

BACA JUGA: Apa Sajakah Tanda-Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin Dan Mineral Yang Patut Diwaspadai?

Oleh sebab itu, kalau Anda ingin mencegah keropos tulang di usia muda, ada baiknya Anda segera mengganti dan mengubah pola hidup Anda yang kurang sehat menjadi lebih baik. Berikut ini tips cara mencegah pengeroposan tulang yang dapat Anda lakukan dirumah, yang dapat secara efektif mencegah keropos tulang.

1. Mengkonsumsi Kalsium dan Vitamin D

Kalsium sangat bagi untuk menjaga kesehatan dan keutuhan tulang. Faktanya, kalsium sangat mudah diperoleh seperti dari keju, susu kedelai, sayuran hijau, brokoli, dan juga susu rendah lemak

Dengan mengkonsumsi bahan makanan tersebut dalam jumlah yang tepat, Anda tidak perlu lagi membeli produk susu kalsium yang harganya cukup mahal. Sebagai pengganti, Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk membeli sayur dan bahan makanan di atas. Sedangkan Vitamin D sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium secara sempurna.

2. Lakukan Olahraga Yang Teratur dan Rutin

Dengan berolahraga secara teratur dan rutin akan memaksa otot serta tulang untuk selalu bergerak aktif. Hal tersebut penting untuk menunjang proses regenerasi sel tulang dan otot yang tentunya sangat efektif untuk mencegah keropos tulang.

Tidak perlu olahraga berat, bahkan jalan kaki dan jogging ringan sudah cukup untuk menjaga kesehatan tulang kita. Jika Anda tidak memiliki waktu khusus untuk olahraga, Anda bisa menjaga otot dan tulang tetap aktif dengan mengendarai sepeda ke kantor, menggunakan tangga dari pada lift, atau mungkin dengan mengambil jalur terjauh untuk mencapai tempat istirahat makan siang Anda.

Panduan Cara Sederhana Mudah Mendapatkan Uang Dari Bisnis Dropship Yang Menguntungkan

3. Kurangi Jumlah Konsumsi Garam Harian

Semakin banyak Anda mengonsumsi garam maka jumlah kalsium yang dikeluarkan melalui proses sekresi keringat dan urine pun juga akan semakin besar. Untuk itu, sangat disarankan untuk lebih memperhatikan porsi konsumsi garam Anda sehari-hari, jangan sampai kalsium yang Anda konsumsi banyak terbuang percuma nantinya.

4. Hindari Kafein dan Hentikan Kebiasaan Merokok

Bagi kebanyakan orang terutama kaum adam sangat suka menghabiskan pagi mereka dengan merokok dan menyeruput kopi. Faktanya, kedua hal tersebut dapat memicu pengeroposan tulang di usia dini.

BACA JUGA: Mengapa Penyakit Kanker Lebih Banyak Dialami Masyarakat Miskin? Alasannya…

Kandungan kafein dalam tubuh menghasilkan senyawa berbahaya yang sangat korosif terhadap tulang. Sedangkan kebiasaan merokok dapat mengurangi kepadatan tulang sehingga tulang pun kehilangan massa dan kekuatannya, menjadikannya sangat rentan terhadap pengeroposan.

5. Hindari Minuman Beralkohol

Ada banyak efek negatif dari mengkonsumsi minuman beralkohol, salah satunya adalah dapat mengganggu proses pertumbuhan dan regenerasi tulang. Kandungan alkohol menghambat proses penyerapan kalsium pada tulang serta mengurangi jumlah hormone yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Menghentikan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol adalah salah satu cara mencegah pengeroposan tulang sejak dini.

Bosan Jadi Karyawan? Ikuti Suasana Baru Di Kursus Internet Marketing SB1M Community

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram takipci hilesi instagram takipci bayiliği ataşehir escort