Hindarilah Kebiasaan Terlalu Sering Mengetik Sebab Dapat Menyebabkan Gangguan Saraf

Hindarilah Kebiasaan Terlalu Sering Mengetik Sebab Dapat Menyebabkan Gangguan Saraf

Manusia dapat bergerak dengan leluasa dan merasakan rangsangan dari lingkungan di sekitarnya karena adanya sistem saraf. Akan tetapi, kadang-kadang sistem saraf Anda dapat mengalami gangguan. Salah satu dari gangguan yang dapat Anda alami adalah neuropati yaitu kerusakan sel saraf tepi. Salah satu faktor yang menjadi pemicu terjadinya neuropati adalah trauma akibat penjepitan saraf yang diakibatkan terlalu sering mengetik.

Menurut Manfaluthy Hakim, dokter spesialis syaraf sekaligus konsultan Neurologis dari Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/ Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, penjepitan saraf ini paling sering terjadi di daerah pergelangan tangan. Hal ini disebabkan kegiatan mengetik berulang-ulang di komputer, laptop atau gawai. Semua ini dapat memicu neuropati.

Salah satu gejala awal neuropati adalah Anda merasakan kesemutan. Rasa nyeri akibat kesemutan merupakan alarm dari dalam tubuh.

Jika Anda mengalami kesemutan itu adalah peringatan keras bahwa Anda telah mengalami gangguan sistem saraf. Dan disarankan Anda untuk memperbaikinya. Apa yang Anda rasakan merupakan cerminan apa yang sebenarnya terjadi pada sistem saraf tepi.





Manfaluthy Hakim mengatakan, dari gejala awal kesemutan maka dapat berubah menjadi kram. Lalu mati rasa dan kulit menjadi kering mengkilap. Hal ini disebabkan tidak berfungsinya saraf otonom yang berfungsi untuk mengatur pengeluaran keringat dan minyak.

baca juga:

Untuk memperbaiki sistem saraf yang telah mengalami gangguan tersebut maka dibutuhkan waktu yang lama. Hal ini disebabkan kemampuan kemampuan regenerasi saraf sangat lambat. Hanya 1 milimeter per hari. Artinya, pengobatan untuk kerusakan sistem saraf tepi tidak bisa seminggu dua minggu.

Manfaluthy Hakim juga mengingatkan kalau neuropati disebabkan oleh 4 faktor selain terlalu sering mengetik, yaitu:

  • Pertama, faktor penuaan. Dengan bertambahnya usia, maka kulit manusia akan menjadi keriput dan rambut beruban. Kekencangan otor mulai kendur, demikian juga dengan sistem saraf.
  • Kedua, faktor diabetes. Dampak komplikasi diabetes yang paling besar adalah terganggunya sistem saraf tepi.
  • Ketiga, fakor kekurangan vitamin B.

Agar Anda terhindar dari gangguan saraf atau neuropati maka hindarilah terlalu sering mengetik. Semoga bermanfaat.

Kursus Internet Marketing Terbaik Di Indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *